Magelang,akmil.ac.id
Taruna Akademi Militer Tingkat III dan Tingkat II jumlah 789 orang menerima pembekalan Hukum Humaniter Internasional (HHI) dan Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kababinkum TNI Mayjen TNI Wahyoedho Indrajit, S.H., M.H., bertempat Gedung Moch. Lily Rochli Akademi Militer. Kamis (30/09/2021).

Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Candra Wijaya dalam kata pengantarnya yang disampaikan oleh Dirdik Akmil Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, M.A menguraikan, ”pembekalan Hukum Humaniter Internasional dan Hak Asasi Manusia ini memiliki arti penting bagi para Taruna Akademi Militer, karena mendapatkan pencerahan secara langsung tentang pelaksanaan Hukum Humaniter dan HAM bagi prajurit TNI AD, yang akan disampaikan oleh Kababinkum TNI. Harapannya agar kegiatan ini dapat dijadikan referensi dan pedoman bagi para Taruna Akademi Militer”.

Di sesi selanjutnya Mayjen TNI Wahyoedho Indrajit sebagai pemateri dalam kegiatan pembekalan Hukum Humaniter Internasional (HHI) dan Hak Asasi Manusia (HAM) kepada Taruna Akademi  Militer menguraikan, ”Hukum Humaniter dan HAM merupakan dasar, pedoman, panduan dan rujukan bagi setiap Prajurit TNI dan satuan TNI dalam melaksanakan tugas. Tentara profesional, yaitu tentara yang terlatih, terdidik, diperlengkapi secara baik, tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis dan dijamin kesejahteraannya serta mengikuti kebijakan politik negara yg menganut prinsip demokrasi, supremasi sipil, Hak Asasi manusia, ketentuan hukum Nasional dan Hukum Internasional yang telah diratifikasi”, tegas beliau.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara tercinta

Penhumas Akmil.