Select Page
Brevet Hirbak Bukti Kemahiran Menembak Taruna Tingkat III/Sermadatar TP 2023/2024

Brevet Hirbak Bukti Kemahiran Menembak Taruna Tingkat III/Sermadatar TP 2023/2024

Magelang, Selasa (05/03/2024) – Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., menyematkan Brevet dan penyerahan Sertifikat Hirbak (Kemahiran Menembak) kepada Taruna Akmil tingkat III/Sermadatar TP 2023/2024 bertempat di Lapangan Pancasila Akmil Magelang.

Dalam arahannya, Jendral Sidharta sangat berkomitmen dalam meningkatkan kemampuan para taruna, baik kemampuan teknis maupun kemampuan taktis dalam kemiliteran. Salah satu fokus utama adalah kemahiran menembak, kemahiran menembak bagi seorang prajurit TNI AD, sebagai persyaratan dasar utama dalam mendukung tugas di satuan.

Pencapaian kemahiran menembak dikelompokkan dalam tiga kategori tingkat kemampuan yaitu, tingkat utama, madya, dan pratama. Sebanyak 138 Taruna mendapat brivet menembak utama, 165 Taruna mendapat madya dan 93 Taruna mendapat brivet pratama. Setiap kategori tersebut menjadi penanda prestasi bagi setiap taruna dalam menembak.

Gubernur berharap kepada para taruna bahwa sertifikat dan Brevet Hirbak yang diterima, haruslah menjadi tanggung jawab yang diemban pada saat penugasan sebagai seorang Perwira TNI AD di masa mendatang.

Diakhir sambutan Gubernur mengucapkan selamat kepada para Taruna yang telah meraih prestasi dan hasil membanggakan dalam uji kemahiran menembak TP 2023/2024.

Kejayaan Tim Pentathlon Akmil di Piala Gubernur AAU 2024

Kejayaan Tim Pentathlon Akmil di Piala Gubernur AAU 2024

Maguwo Jogjakarta, 2 Maret 2024 – Danyontar Remaja, Mayor Inf Doni Fransisco, S.Sos., M.Han., sebagai Dankontingen Tim Pentathlon Akmil turut mendampingi kejayaan yang gemilang saat Tim Pentathlon Akademi Militer (Akmil) memenangkan beberapa materi Pentathlon – Piala Gubernur AAU 2024 di AAU Maguwo Jogjakarta pada Sabtu lalu.

Dalam pertandingan ini, Taruna Akmil menunjukkan keunggulan mereka dengan memenangkan sejumlah kategori prestisius. Sermadatar M. David Fatoni (Akmil) menorehkan prestasi cemerlang dengan meraih Medali Emas dalam Kategori Perorangan Taruna Lari 3000, sementara Koptar Ricky Yudha Utama (Akmil)menyumbangkan Medali Emas dalam Kategori Perorangan Taruna Renang 200 M.

Tidak hanya itu, Regu E Integrasi yang di dalamnya diawaki oleh Koptar M. Hadi Ardiansyah (Akmil) juga berhasil meraih gelar sebagai Regu Pentathlon Integrasi Taruna Terbaik. Keberhasilan ini menjadi bukti nyata bahwa meskipun waktu persiapan dan latihan terbatas, para Taruna Akmil mampu mengoptimalkan setiap momen yang ada dengan semangat dan keinginan yang tulus untuk mengukir prestasi demi almamater tercinta.

Danyontar Remaja, Mayor Inf Doni Fransisco, S.Sos., M.Han., menyatakan kebanggaannya atas pencapaian yang luar biasa ini. “Meskipun tahap persiapan dan latihan sangat terbatas, kurang lebih hanya 5 hari, Tim Pentathlon Akmil dapat mengoptimalkan waktu yang ada untuk berlatih. Semangat dan keinginan untuk berbuat yang terbaik demi almamater tercinta menjadi pemicu bagi para Taruna untuk mengukir prestasi,” ujarnya.

Kejayaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Akmil, tetapi juga menjadi inspirasi bagi seluruh komunitas pendidikan militer dalam mengejar prestasi yang lebih tinggi di masa depan. Prestasi ini juga menegaskan bahwa semangat, tekad, dan dedikasi yang kuat adalah kunci utama dalam mencapai kesuksesan.

Temu Kangen dan Nostalgia Akabri Darat “Persada 7680” di Lembah Tidar

Temu Kangen dan Nostalgia Akabri Darat “Persada 7680” di Lembah Tidar

Magelang, Sabtu (02/03/2024) – Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Sapto Widhi Nugroho bersama pejabat Utama Akademi Militer menyambut hangat kedatangan keluarga besar alumni Akabri Darat “Persada 7680” serta keluarga. Acara yang dipimpin oleh Ketua rombongan, Mayor Jenderal TNI (Purn) Arief Rachman, berlangsung di Main Hall Akmil.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Akmil membacakan amanat Gubernur Akmil, mengucapkan selamat datang kepada para alumni beserta keluarga, mewakili seluruh Civitas Akademika Akademi Militer. “Kehadiran saudara-saudara, merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi kami. Terima kasih atas kehadiran dan maaf apabila terdapat kekurangan dalam rangkaian kegiatan ini,” tegasnya.

Reuni ini tidak hanya menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama alumni, namun juga sarana untuk bertukar informasi dan pengalaman antar generasi. “Hal ini penting dalam meningkatkan nilai-nilai kejuangan dan motivasi bagi para taruna yang akan menjadi generasi penerus pimpinan TNI,” tambahnya.

Wakil Gubernur Akmil berharap agar para alumni tetap terlibat dalam memajukan lembaga pendidikan Akmil dengan memberikan sumbang saran dan pemikiran berdasarkan pengalaman tugas yang dimiliki.

Seluruh Civitas Akademika Akademi Militer juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta reuni atas perhatian dan bantuan yang diberikan kepada lembaga tercinta ini. Semoga bantuan tersebut menjadi amal saleh bagi semua peserta.

Dalam akhir sambutannya, Wakil Gubernur Akmil mengucapkan selamat bernostalgia dan menjalani acara temu kangen yang membahagiakan ini. “Semoga acara ini benar-benar dapat menjadi obat pelepas rasa rindu dan kenangan semasa taruna hingga masa-masa akhir dinas kemiliteran,” pungkasnya.

Mayjen TNI (Purn) Arief Rachman juga menegaskan bahwa ikatan di antara para alumni Akabri Darat “Persada 7680” dan Akademi Militer tidaklah pudar seiring berjalannya waktu, melainkan semakin kuat dan berharga, mengingatkan akan dedikasi serta semangat pengabdian bagi nusa, bangsa dan negara.

Gubernur Akmil Mengapresiasi Atas Dedikasi dan Prestasi Taruna dan Anggotanya

Gubernur Akmil Mengapresiasi Atas Dedikasi dan Prestasi Taruna dan Anggotanya

Magelang, Senin (04/03/2024) – Lapangan Pancasila Akmil menjadi saksi kebanggaan saat Gubernur Akademi Militer, Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E, memimpin Upacara Bendera Minggu pertama di bulan Maret. Dalam momen ini, Gubernur akmil menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh Personil organik dan Taruna Akademi Militer, serta memberikan apresiasi khusus kepada Tim Taruna Kategori Perorangan Terbaik lari dan renang serta Regu Pentathlon Integrasi Taruna terbaik Piala Gubernur AAU, juga Tim Karate Akmil yang telah meraih prestasi gemilang di tingkat nasional.

Dalam amanatnya, Gubernur Akmil mengungkapkan kebanggaan atas suksesnya acara reuni alumni Akabri Darat “Persada 7680” yang telah berlangsung dengan baik, aman, dan lancar. Namun demikian, beliau menekankan pentingnya evaluasi menyeluruh untuk memastikan kesuksesan acara serupa di masa depan.

Tidak hanya itu, Gubernur Akmil memberikan piagam penghargaan kepada Tim Taruna Akademi Militer Kategori Perorangan Terbaik Lari 3000 Meter Sermadatar M. David Fatoni dan Renang 200 Kopral Taruna Ricky Yudha Utama, Regu Pentathlon Integrasi Taruna Terbaik Regu E Koptar M. Hadi Ardiansyah (Akmil).

Gubernur Akmil Juga memberikan piagam penghargaan kepada Tim Karate Akmil yang telah meraih kejuaraan dalam 5th National Open Karate Championship 2024 Piala Pangdiv 2 Kostrad Malang. Prestasi yang membanggakan ini diraih oleh 1. Praka Irvan Tri (Akmil) medali Emas Kumite -60 kg, 2. Praka M. Shulton (Akmil) medali Emas Kumite -75 kg, 3. Serda Fiqi Azkal (Akmil) medali Emas Kumite -75 kg, 4. Prada Novriandi (Akmil) medali Perak kumite -84 kg, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh organik dan Taruna Akmil untuk meraih prestasi optimal di masa mendatang.

“Para taruna, kalian akan selalu dihadapkan pada kompetisi yang ketat dalam segala aspek kehidupan. Manfaatkan setiap kesempatan dan waktumu dengan baik selama menempuh pendidikan di Akademi Militer ini untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan,” tegas Gubernur Akmil, memotivasi para taruna.

Beliau juga memberikan peringatan mengenai kondisi cuaca yang berubah-ubah dan cenderung ekstrem akhir-akhir ini. “Turunnya hujan yang sulit diprediksi menuntut kita untuk merencanakan setiap kegiatan dengan cermat, demi kelancaran dan keamanan semua pihak,” tambah beliau.

Momen penting ini untuk memperkuat semangat kebersamaan dan dedikasi dalam menjalani tugas dan tanggung jawab sebagai bagian dari Akademi Militer.

Peduli Dengan Kesulitan Masyarakat, Akmil Gelar Bakti Sosial di Daerah Latihan Gringsing dan Batang

Peduli Dengan Kesulitan Masyarakat, Akmil Gelar Bakti Sosial di Daerah Latihan Gringsing dan Batang

Gringsing, Batang, Jum’at (01/03/2024) – Berempat di Lapangan Sepakbola Pantai Jodo , Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E. beserta Ibu Novita Sidharta Wisnu Graha melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dalam rangkaian kegiatan latihan Pramuka Yudha bagi Taruna Akmil tingkat II/Sersan Taruna. Kegiatan yang dihadiri oleh para Pejabat Forkopimda Kabupaten Batang, warga masyarakat Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, serta para Taruna Akmil Tingkat II/ Sertar Sersan Taruna.

Dalam suasana yang penuh kehangatan, Gubernur Akmil dan seluruh Civitas Akademika Akmil menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada Pj. Bupati Batang beserta jajaran, pejabat pemerintah Desa Sidorejo, tokoh masyarakat, dan seluruh warga masyarakat daerah latihan Taruna Akmil.

Kegiatan Bakti Sosial ini telah dilaksanakan sejak tanggal 26 Februari 2024 lalu, mencakup pemberian sembako dan pengobatan massal bagi warga sekitar daerah Latihan Pramuka Yudha. Dengan tujuan untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat serta memperkuat kemanunggalan antara TNI dan rakyat, khususnya dengan warga sekitar daerah latihan Taruna Akmil di wilayah Kecamatan Gringsing.

“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat dan ungkapan terima kasih atas dukungan yang telah mereka berikan kepada latihan Taruna Akmil. Kami berharap bahwa Bakti Sosial ini dapat membawa manfaat yang nyata dan memperkuat hubungan yang harmonis antara Akmil dan masyarakat,” tegas Gubernur Akmil.

Dengan kehadiran para pejabat dan warga masyarakat, acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk memberikan bantuan, tetapi juga untuk mempererat hubungan sosial dan memperkuat ikatan antara militer dan masyarakat. Semoga kegiatan Bakti Sosial ini menjadi langkah awal dalam upaya membangun kesejahteraan bersama di daerah sekitar.

Gubernur Akmil Sematkan Brevet Pramuka Yudha: Keberanian dan Dedikasi Taruna Akmil Dihargai

Gubernur Akmil Sematkan Brevet Pramuka Yudha: Keberanian dan Dedikasi Taruna Akmil Dihargai

Gringsing, Batang, Jum’at (01/03/2024) – Lapangan Pantai Jodo menjadi saksi penting dalam momen bersejarah ketika Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E. secara resmi menyematkan Brevet Pramuka Yudha kepada para Taruna Akmil Tingkat II/Sersan Taruna. Momen ini tidak hanya menjadi pencapaian pribadi bagi setiap taruna, tetapi juga sebuah pengakuan akan keberanian dan dedikasi mereka dalam menghadapi berbagai tantangan latihan.

Dalam amanatnya, Gubernur Akmil Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha mengungkapkan bahwa selama seminggu terakhir, para Taruna Tingkat II telah menjalani Latihan Pramuka Yudha yang menantang, dihadapkan pada berbagai medan dan situasi cuaca ekstrem. Meskipun demikian, semangat tinggi dan kemampuan adaptasi para taruna tetap terjaga, memperlihatkan komitmen mereka terhadap profesi militer.

“Latihan Pramuka Yudha bukan sekadar ujian fisik, tetapi juga ujian mental dan kepemimpinan. Para taruna telah menunjukkan kemampuan mereka dalam mengaplikasikan berbagai teknik dan taktik pertempuran, sebuah keterampilan yang penting dalam peran mereka sebagai pemimpin di masa depan,” ujar Gubernur Akmil.

Pemberian Brevet Pramuka Yudha bukan hanya sekadar penghargaan, tetapi juga sebuah tanggung jawab. Gubernur menjelaskan bahwa sebagai pemegang brevet ini, para taruna memiliki tanggung jawab untuk menjadi contoh dan panutan bagi rekan-rekan mereka, serta siap untuk memimpin satuan di masa mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Akmil juga menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para taruna yang berhasil menyelesaikan latihan dengan sukses. “Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan panjang menuju kepemimpinan yang tangguh dan bertanggung jawab. Semoga keberanian dan semangat kalian senantiasa terjaga dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara,” tambahnya.

Kesempatan ini juga dijadikan momentum untuk mengingatkan bahwa perjalanan para taruna di Akmil tidaklah mudah, tetapi dengan ketabahan dan dedikasi, mereka dapat mengatasi setiap rintangan dan menjadi pilar yang kokoh dalam menjaga kedaulatan negara.