TAKLIMAT AWAL TIM PENGAWAS CURRENT AUDIT ITJENAD TA 2022 DI AKADEMI MILITER

TAKLIMAT AWAL TIM PENGAWAS CURRENT AUDIT ITJENAD TA 2022 DI AKADEMI MILITER

Magelang,akmil.ac.id
Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos beserta para Pejabat Distribusi Akademi Militer menerima Taklimat Awal kunjungan Tim Pengawas Current Audit Itjenad TA 2022 di Akademi Militer dengan Ketua Tim Pengawas Current Audit Itjenad Brigjen TNI Irham Waroihan, S.Sos., beserta anggota tim yang bertempat di Ruang Rapat Soebijakto Akademi Militer Magelang. Jum’at (02/12/2022).

Dalam sambutan tertulis Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Akademi Militer mengucapkan “Selamat Datang” kepada Tim Pengawas Current Audit Itjenad di Akademi Militer.                                                                                                                                                                                               

“Kegiatan Tim Pengawas Current Audit Itjenad di Akademi Militer ini merupakan kegiatan pengawasan terhadap program kerja dan anggaran yang sedang berjalan pada tahun anggaran 2022, dengan menitikberatkan pada layanan konsultasi atau pendampingan terhadap kemungkinan potensi masalah yang muncul dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran, sehingga berjalan secara efektif, efisien dan ekonomis sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, tegas beliau.

Dengan harapan kepada para Pejabat Distribusi Akademi Militer dapat memanfaatkan kehadiran Tim Pengawas Current Audit Itjenad ini sebagai sarana untuk konsultasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja dan anggaran Akademi Militer, sehingga dapat tercapai sesuai dengan sasaran yang diharapkan.

Selanjutnya, kepada seluruh pejabat satuan di jajaran Akademi Militer, beliau minta untuk dapat melakukan kerja sama dan koordinasi yang baik dengan Tim Pengawas Current Audit dari Itjenad. Berikan data yang diperlukan secara obyektif, transparan dan akuntabel, demi peningkatan kinerja dan pengelolaan anggaran di Akademi Militer.

Di akhir sambutannya beliau menucapkan “Selamat Bertugas” kepada Tim Pengawas Current Audit Itjenad, besar harapan semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi kita bersama demi kemajuan Akademi Militer di masa yang akan datang.

Penhumas Akmil.

Pelatihan Kesiapan Mengajar Bagi Guru Militer

Pelatihan Kesiapan Mengajar Bagi Guru Militer

Magelang,akmil.ac.id
Para guru militer (Gumil) yang akan mengajar Taruna Akademi Militer , sebelum mengajar diwajibkan untuk mengikuti pelatihan praktik mengajar dalam lingkup terbatas ( Mocroteaching), untuk mengetahui ketrampilan dasar mengajar para Guru Militer Selasa (29/11/2022).

Para gumil memperagakan keterampilan dasar mengajar, praktek kegiatan belajar dan berdiskusi mengenai masalah-masalah yang ditemukan. Gumil memperagakan Micro teaching di hadapan Gumil lainya yang di peranggapkan peserta didik, bertempat di ruang Micro Teaching Kordos (Koordinator Dosen) Akademi Militer.

Kakordos Akmil Brigjen TNI Triyono, S.Sos menyampaikan bahwa, ”kegiatan Micro teaching ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas dosen di Akademi Militer, semua dosen sebelum mengajar taruna akan melaksanakan Micro Teaching terlebih dahulu, agar tidak terjadi kesalahan dalam menyampaikan materi pelajaran, para pendamping dari Kordos akan mengarahkan para dosen tehnik mengajar yang benar sesuai materi yang diajarkan”.

Lebih lanjut Kakordos menyampaikan, ”Micro teaching suatu metode latihan yang dirancang sedemikian rupa untuk memperbaiki keterampilan mengajar calon Guru Militer di Akademi Militer dan mengembangkan pengalaman profesional guru khususnya keterampilan mengajar dengan cara menyederhanakan aspek pembelajaran seperti jumlah murid, waktu, fokus bahan ajar dan membatasi penerapan keterampilan mengajar tertentu, sehingga Guru Militer dapat diketahui keunggulan dan kelemahan pada diri guru secara akurat”.

Dengan dilaksanakan Micro teaching para dosen diharapkan sudah siap pada saat mengajar Taruna, menguasai materi yang diajarkan, tepat dalam menerapkan teknis mengajar , sehingga mudah diterima dan taruna menguasai materi yang diajarkan.

Penhumas Akmil.

Apel Olah Raga Organik Akademi Militer

Apel Olah Raga Organik Akademi Militer

Magelang,akmil.ac.id
Ka LPM (Kepala Lembaga Penjamin Mutu) Akademi Militer Kolonel Inf Drs. M. Sigit Saksono, M.M. memimpin Apel olah raga yang di ikuti seluruh Organik Militer dan PNS Akademi Militer bertempat dilapangan Depatemen Jasmani Akademi Militer, Selasa (29/11/2022).

Kolonel Sigit mengucapkan,” Selamat HUT (Hari Ulang Tahun) KORPRI KE-51, tanggal 29 November 2022. Semangat untuk semua Aparatur Sipil Negara, semoga terus jaya dan siap mengabdi untuk Bangsa Indonesia. Semoga diusianya yang ke 51 Korpri semakin dewasa dengan wujud karya-karya nyata yang semakin baik.

Beliau menyampaikan Tugas Pokok dari LPM (Lembaga Penjamin Mutu) Akademi Militer, yaitu mengkoordinasikan, mengendalikan, mengaudit, memantau, menilai dan mengembangkan mutu penyelenggaraan kegiatan akademik di Akademi Militer sehingga akreditasi tetap terjamin mutunya.

Selanjutnya dalam waktu dekat akan di laksanakan Current audit di Akademi Militer oleh tim Current audit Itjenad yang akan memeriksa program dan anggaran di jajaran Akademi Militer, untuk itu semua bagian agar mempersiapkan dengan sebaik-baiknya seluruh kelengkapan administrasi program dan anggaran di bidang masing-masing .

Kegiatan dilanjutkan dengan senam peregangan dan olah raga bersama.

Penhumas Akmil.

UPACARA PENUTUPAN LATIHAN PRAJA BAKTI TARUNA AKMIL DI KAB. TEMANGGUNG

UPACARA PENUTUPAN LATIHAN PRAJA BAKTI TARUNA AKMIL DI KAB. TEMANGGUNG

Magelang,akmil.ac.id
Bupati Kabupaten Temanggung M. Al Khadziq menjadi inspektur Upacara Penutupan Latihan Praja Bakti Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar TP 2022/2023 bertempat di Gedung Graha Bhumi Pala Sekda Kab. Temanggung. Jum’at (25/11/2022).

Sebagai Komadan Upacara Penutupan Latihan Praja Bakti Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar TP 2022/2023  Danyontar TK. II/ Dewasa Mentar Akmil Letkol Inf Hermanto.

Dalam amanat Bupati Temanggung menyampaikan, ”Selama enam hari para Taruna Akmil telah beradaptasi dan berinteraksi dengan masyarakat di Kabupaten Temanggung, khususnya di Kecamatan Kandangan dan Kecamatan Kaloran. Kiranya kegiatan ini menjadi bekal yang sangat berharga untuk melaksanakan salah satu fungsi utama TNI Angkatan Darat yaitu bidang pembinaan teritorial.

Kesempatan Latihan Praja Bakti menjadi sarana yang nyata bagi para Taruna Akmil untuk mewujudkan dan memelihara kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang selama ini telah menjadi satu kekuatan dalam menjaga dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sesuai hasil laporan, ada satu kesimpulan positif, bahwa Latihan Praja Bakti di Kabupaten Temanggung berlangsung lancar dan berhasil mencapai sasaran kegiatan baik fisik maupun non fisik dengan baik.

“Bapak Bupati Temanggung dan pemerintah serta masyarakat Kabupaten Temanggung mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya atas segala jerih payah dan upaya dari seluruh peserta latihan, dan umumnya jajaran Akmil yang telah menjadi bagian dari kesuksesan kegiatan ini”,tegas beliu.

Dengan harapan kita bersama, setiap pencapaian program dalam Latihan Praja Bakti Taruna Akmil Tingkat II/ Sersan Taruna Tahun Pendidikan 2022/2023 dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Temanggung. Dengan tujuan untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat dan kualitas kesejahteraan secara umum.

Beliau juga mengajak jadikan momentum Latihan Praja Bakti Taruna Akmil Tingkat II/Sersan Taruna Tahun Pendidikan 2022/2023, untuk semakin meningkatkan sinergi, menggugah kesadaran kita bersama untuk selalu menghidupkan budaya gotong royong, mempererat tali persaudaraan, merajut kebersamaan dan persatuan, meningkatkan karya, inovasi dan prestasi, membangun daerah kita, Kabupaten Temanggung yang kita cintai bersama ini, agar semakin aman, religius, maju, dan sejahtera.

Bapak Bupati ingin desa-desa di Kabupaten Temanggung makin maju dan sejahtera dengan tetap mempertahankan keunikan dan kearifan lokalnya. Desanya maju, masyarakatnya sehat, fasilitas pelayanan dasar masyarakatnya lengkap, SDM-nya makin berkualitas unggul, mandiri, punya spiritualitas tinggi, tidak ada narkoba, kreatif dan inovatif serta mempunyai karakter kebangsaan yang kuat. Bersama kita bangun Indonesia mulai dari Desa.   

Dengan telah berakhirnya Latihan Praja Bakti Taruna Akmil Tingkat II/Sersan Taruna Tahun Pendidikan 2022/2023 di Kabupaten Temanggung, beliau ucapkan selamat jalan, dan kembali beraktifitas di Kesatrian Akademi Militer di Magelang.

Hadir Wakil Gubernur Akademi Militer dan seluruh Pejabat Distribusi Akademi Militer; Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Temanggung, Para Kepala Perangkat Daerah, Camat Temanggung, Camat Kaloran, Camat Kandangan, Danramil Temanggung, Danramil Kaloran, Danramil Kandangan, Kapolsek Temanggung, Kapolsek Kaloran serta Kapolsek Kandangan serta Para peserta upacara Taruna Akademi Militer Tingkat II/ Sersan Taruna.

Penhumas Akmil.

Memasuki Hari ke Empat Latihan Praja Bakti, Penyempurnaan Sasaran Fisik dan Non fisik

Memasuki Hari ke Empat Latihan Praja Bakti, Penyempurnaan Sasaran Fisik dan Non fisik

Magelang,akmil.ac.id
Di hari ke empat  latihan Praja Bakti TP 2022/2023  Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar tinggal mengerjakan penyelesaian kegiatan fisik berupa finising pengecoran jalan desa, perbaikan saluran air dan non fisik mencakup Komsos (Komuniksi Sosial) dan Bintahwil (Pembinaan Ketahanan Wilayah) silaturahmi kepada tokoh-tokoh masyarakat sekitar Kaloran dan Kandangan. Kamis (24/11/2022).

Danyontar TK. II/Dewasa Mentar Akmil Letkol Inf Hermanto selaku Komandan Latihan, ”latihan Praja Bakti Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar hari Kamis, 24 November 2022 menyampaikan seluruh sasaran sudah tahap pengakhiran/ finishing. Taruna bersama masyarakat bahu-membahu menyempurnakan sasaran fisik yang belum selesai, diharapkan pada hari kelima semua sektor selesai mencapai 100%”.

Danyon juga mengungkapkan, ”puji dan syukur karena dalam pengerjaan selama latihan ini berjalan dengan baik, aman serta lancar dan cuaca pun sangat medukung sehingga target sasaran yang telah ditetapkan lembaga dapat tercapai  meskipun waktu pelaksanaan latihan sangat terbatas”.

Lebih lanjut Danyon menyampaikan Kompi Latihan A menyelesaikan Pembukaan jalan P 200 m x L 2 m di Dsn. Branti Ds.Kandangan Kec. Kandangan dan penyelesaian Pengecatan MCK Umum dan penyelesaian Normalisasi saluran air sepanjang 100 m di Dusun Krajan, Desa Kandangan. Kec. Kandangan.

Selanjutnya Kompi Laithan B penyelesaian pembuatan saluran air (gorong2) P 7 m x L 1 m di Dsn Rowoseneng Ds. Ngemplak dan menyelesaikan penimbunan tanah saluran irigasi 400 m di Dsn Kladron Ds. Ngemplak, Kec. Kandangan.

Dan Kompi Laithan C penyelesaian pengaspalan jalan P 150 m x L 4 m di  Dsn Noroyagen Ds. Gandulan dan menyelesaikan pengecoran Jalan Usaha Tani P 150 m x L 2,5 m di Dsn. Mlondang Ds. Gandon, Kec. Kaloran.

Serta Kompi Laithan D menyelesaikan pengecoran jalan Usaha Tani P 150 m x L 1,5 m di Dsn.Pencarkandangan Ds.Tempuran dan menyelesaikan Pemasangan pipa air bersih sepanjang 150 m di Dsn.Janggleng Ds.Tlogowungu. Kec.Kaloran.

“Latihan Praja Bakti ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Taruna, terutama dalam mengaplikasikan materi pelajaran pengetahuan teritorial di tengah-tengah masyarakat, yang nantinya akan diterapkan dalam penugasan di satuan jajaran TNI AD”, tegas beliau.

Penhumas Akmil.

Kabintal Akmil : Harmonisnya Keluarga akan Mendukung Tugas Pokok

Kabintal Akmil : Harmonisnya Keluarga akan Mendukung Tugas Pokok

Magelang,akmil.ac.id
Akademi Militer menyelenggarakan kegiatan Bintal Terpadu Semester II TA 2022. Yang di ikuti oleh organik Akademi Militer dan keluarga sebagai pemateri Kaajen (Kepala Ajudan jenderal) dan Kabintal (Kepala Pembinaan Mental) bertempat di Gedung Moch. Lily Rochli. Rabu (23/11/2022).

Dalam sambutanya Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. yang dibacakan oleh Mayor Inf Camot Kasirohkat Bintal Akmil menyampaikan, ”kegiatan Bintal Terpadu yang mengambil tema “Sosialisasi PPR (Perkawinan, Perceraian dan Rujuk)” kali ini dilaksanakan sebagai realisasi program Pimpinan TNI AD dalam rangka pembinaan mental bagi organik militer maupun PNS TNI AD beserta keluarga sebagai landasan dalam membangun ketahanan moril prajurit maupun PNS TNI AD beserta keluarga untuk mendukung tugas satuan”.

Dengan melibatkan keluarga dalam kegiatan Bintal Terpadu seperti ini, diharapkan akan dapat membantu terciptanya keluarga harmonis dan dapat memberikan kesadaran kepada keluarga besar prajurit maupun PNS TNI AD, untuk turut memberikan motivasi dan kontribusi positif kepada suami/ istri dalam menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks.

Selanjutnya, diharapkan dapat menyelenggarakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga para peserta dapat memperoleh “Kesadaran dan Pemahaman yang Utuh” dalam upaya mewujudkan Bintal sebagai fungsi komando guna menciptakan keluarga harmonis bagi prajurit maupun PNS TNI AD yang akan bermuara pada keberhasilan tugas TNI AD melalui lembaga tercinta Akademi Militer.

Penhumas Akmil.