TAKLIMAT AWAL TIM POST AUDIT ITJENAD DI AKMIL

Magelang,akmil.ac.id
Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. menerima Ketua Tim Post Audit Itjenad, Brigjen TNI Irham Waroihan, S.Sos., beserta Tim Itjenad dalam kegiatan Taklimat Awal Tim Post Audit Itjenad TA 2022 di Ruang Rapat Soebijakto Akademi Militer, Selasa (07/06/2022).

Dalam kata pengantarnya Gubernur Akademi Militer mengucapkan “Selamat Datang” kepada Tim Post Audit  Itjenad, dalam rangka melaksanakan pengawasan Program Kerja dan Anggaran Akademi Militer yang telah dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2021.

Kemudian beliau menegaskan bahwa, ”pengawasan yang dilakukan Tim Post Audit Itjenad merupakan pengawasan terhadap Program Kerja dan Anggaran yang telah dilaksanakan Tahun Anggaran 2021, dengan tujuan untuk memberikan penilaian independen tentang manajemen resiko, pengendalian dan proses tata kelola sesuai ketentuan yang berlaku”.

Dengan maksud kehadiran Tim Post Audit Itjenad merupakan mitra kerja, dalam memberikan rekomendasi dan solusi guna mengatasi permasalahan pada laporan pertanggungjawaban kinerja dan perbendaharaan oleh satuan.

Beliau juga berharap agar temuan yang diperoleh nanti, dapat diberikan solusinya oleh tim pengawas, sehingga Akmil sebagai lembaga pendidikan untuk mencetak calon perwira dan pemimpin masa depan dapat menjadi barometer dalam menghasilkan laporan kinerja dan perbendaharaan terhadap dipertahankannya opini BPK RI dengan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kepada para Direktur, para Kadep dan para Kabalak di lingkungan jajaran Akademi Militer, agar melakukan kegiatan pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, Akademi Militer juga telah mengambil langkah-langkah strategis guna mewujudkan administrasi laporan pertanggungjawaban keuangan yang akuntabel dan transparan, dengan  memberdayakan Pengawas Internal selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang melaksanakan tugas-tugas pengawasan di seluruh jajaran Akademi Militer.

Kepada seluruh Kepala Sub Satker di jajaran  Akademi Militer, Gubernur Akademi Militer meminta untuk dapat melakukan kerja sama yang baik dengan memberikan data yang diperlukan secara obyektif, transparan dan akuntabel demi kepentingan kita bersama.

“Selamat Bertugas”, Tim Post Audit Itjenad di Akademi Militer semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara tercinta.

Penhumas Akmil.

KUNJUNGAN GUBERNUR AKADEMI MILITER DALAM LATIHAN OJT DI JAJARAN KODAM V/BRAWIJAYA

Magelang,akmil.ac.id
Dalam rangka kunjungan Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. di dampingi Dirbindik Brigjen TNI Djonne Ricky Lumintang, S.Sos serta Komandan Latihan Mayor Inf Alisun, S.Sos., pada latihan OJT (On The Job Training) Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sersan Taruna (Sertar) TP 2021/2022, di Makodam V/Brawijaya bertempat di ruang Hayam Wuruk, kemudian menuju Batalyon Mekanis 516/Caraka Yudha (Branjangan), dilanjut ke Batalyon Infanteri Raider 500/Mahastra Yudha serta ke Batalyon Artileri Pertahanan Udara 8/Marawaca Bhuana Cakti. Jum’at (03/06/2022).

Dalam kegiatan di Makodam V/Brawijaya Gubernur Akademi Militer beserta rombongan disambut langsung oleh Kasdam V/Brawijaya Brigadir Jenderal TNI Piek Budyakto dan dilanjutkan pemberitan Cindera mata dari Gubernur Akademi Militer kepada Kasdam V/Brawijaya.

Dalam Kunjungan terebut Gubernur Akademi Militer memberikan arahannya kepada Taruna Akademi Militer yaitu, ”Taruna Akademi Militer disamakan, tidak ada tingkatan ataupun strata baik anak pejabat, TNI/Sipil, buruh, tani, tukang becak dan lain sebagainya, semua di perlakukan sama. Semuanya sama baik makan, pakaian, tempat tidur, alat perlengkapan dan lain sebagainya semuanya mendapatkan bagian yang sama,tidak ada perbedaan”.

Di kesatrian Akmil Taruna menjadi anak asuh Gubernur Akmil. Setelah pulang cuti dan lain sebagainya baru menjadi anak orang tua masing-masing. Beliau berharap Taruna tidak macam-macam, ikuti semua aturan yang sudah berlaku di lembaga Akademi Militer.

Taruna Akademi Militer sudah mendapatkan uang saku yang sama, jadi tidak usah terlalu banyak isi ATMnya maksimal 2 juta, guna menjadi contoh dalam sikap dan  sederhanaannya.

Kemudian sarana olah raga di Akademi Militer sudah di fasilitasi dengan baik disesuaikan dengan minat bakat dan kemauannya untuk mendukung pengembangan diri seperti Lapangan tenis, bulu tangkis, lapangan lari, bola voli dan fasilitas beladiri Yudo, karate, pencak silat serta fitness sudah di perbaharui. Juga seperti bidang seni dan budaya di arahkan terampil berolah seni suara dan terampil memainkan alat-alat musik drumband Gendang Suling Canka Lokananta atau GSCL, Band Taruna, Rampak Gendang dan Tarian Nusantara (seperti Tari Saman, Tari Kecak dan Tari Dayakan dari Papua).
Proses belajar-mengajar di Akademi Militer di arahkan guna pencapaian tujuan program mata kuliah keahlian khusus atau fokasi dan pembentukan karakter sesuai jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Penhumas Akmil.

PENGENALAN TABLE MANNER BAGI KOPRAL TARUNA

Magelang,akmil.ac.id
Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos menghadiri kegiatan Pengenalan International Table Manners Taruna Tingkat I/Kopral Taruna Akademi Militer (gelombang pertama) yang bertempat di Ball Room Hotel Atria, Magelang. Senin (30/05/2022).

Dalam sambutan tertulis Gubernur Akademi Militer yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Akademi Militer menyampaikan, ”acara Pengenalan International Table Manners Taruna Tingkat I/Kopral Taruna yang dibagi dalam dua gelombang, gelombang pertama pada malam hari ini dan gelombang kedua dilaksanakan besok malam, merupakan kegiatan makan malam secara internasional dan sarana yang tepat untuk memperkenalkan dan mengaplikasikan secara langsung ilmu atau materi yang pernah diterima tentang Table Manners”.

Adapun tujuan kegiatan acara Table Manners ini untuk memberikan gambaran kepada para Taruna, mengenai berbagai aturan dan etika yang harus dilakukan saat bersantap bersama di meja makan dalam acara-acara formal dan resmi. Aturan ini erat kaitannya dengan tata cara mengenai ketentuan pemakaian peralatan makan, etika duduk, etika makan dan minum serta etika berbicara selama proses jamuan makan.

Wakil Gubernur Akademi Militer nilai sangat tepat untuk dilaksanakan dalam rangka membekali para Taruna, khususnya Tingkat I/Kopral Taruna sebagai pengetahuan yang berharga, selain ilmu kemiliteran guna mendukung tugasnya kelak sebagai seorang Perwira.

Kepada Taruna beliau berharap momen ini dapat dijadikan pengalaman dan pengetahuan serta ilmu yang sangat berharga untuk menunjang karier para Taruna di masa mendatang.

Ucapan “Terima Kasih”  kepada Pimpinan Hotel Atria beserta Staf atas kerja samanya, semoga hal ini dapat mempererat hubungan antara Akademi Militer dengan Hotel Atria secara berkesinambungan.

Hadir dalam kegitan Table Manners tersebut, 250 Kopral Taruna, para Pejabat Distribusi Akademi Militer serta para pelatih dan pengasuh Taruna.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara tercinta.

Penhumas Akmil.

421 TARUNA AKMIL TK II LAKSANAKAN OJT DI KODAM V/BRAWIJAYA

Magelang,akmil.ac.id
Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar Sersan Taruna TP 2021/2022 dalam latihan OJT/ On The Job Treinng di satuan jajaran Kodam V/Brawijaya satuan jajaran Divif 2/Kostrad dan Skadron 11/Serbu Puspenerbad. 421 Taruna diterima oleh Panglima Kodam V/Brawijaya, yang diwakili Kasdam V/ Brawijaya Brigadir Jenderal TNI Piek Budyakto, bertempat dilapangan Upacara jendral A Yani Makodam V/Brawijaya. Senin, (30/05/2022).

Kasdam V/Brawijaya dalam kegiatan tersebut beliau berharap, ”Dalam Pelaksanaan latihan OJT Taruna Tingkat II dapat menimba pengalaman kerja secara praktis dan menerapkan dengan membandingkan dasar pengetahuan serta keahlian yang selama ini diperoleh di kelas Akademi Militer, Ikuti aturan dan serap semua materi yang diajarkan, Taruna harus mampu menunjukkan karakter dan kualitas sebagai Taruna yang berperilaku baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan.

Dihadapan target latihan yang harus dicapai dengan memanfaatkan kesempatan yang baik dan berharga ini untuk menambah wawasan serta menimba ilmu lapangan yang sebanyak-banyaknya sebagai bekal apabila tugas di kesatuan kelak, sehingga Taruna nantinya dapat menjadi lulusan yang berkualitas berpengalaman dan mampu bertugas dengan baik setelah dilantik menjadi seorang Perwira.

Beliau juga mengajak untuk mengoptimalkan segala kemampuan dengan maksimal sesuai dengan kecabangan masing-masing dan dikembangkan. Oleh karena itu pengalaman selama OJT nanti jadikan dasar untuk terus berupaya mengembangkan kemampuan diri masing-masing. Bekali diri Taruna dengan kemampuan untuk beradaptasi guna mencapai sebuah prestasi.

Kemudian Dengan melihat perkembangan situasi yang kompleks dan cepat berubah di era modern yang serba digital Taruna harus banyak belajar dan berlatih berbagi ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga para Taruna akan menjadi seorang pemimpin masa depan yang mumpuni, sesuai dengan harapan satuan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, bangsa dan negara.

Di akhir sambutan beliau berpesan kepada seluruh Taruna yang melaksanakan OJT di satuan di Kodam V/Brawijaya untuk mengawali setiap kegiatan dengan selalu berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Hadir dalam kegiatan penerimaan tersebut, Paping (Perwira Pendamping) OJT Brigjen TNI Wahyu Wibowo Raharjo, MA (Kakordos Akmil) mewakili Gubernur Akmil, Kolonel Inf Cahyadi Imam Suhada Pamen Ahli Bidang Milum,Juang dan Jasmani. Kolonel Czi Ade Heri Kadep Milum Akmil, Komandan latihan OJT Mayor Inf Aliaun,S.Sos. serta pelatih dan pendukung latihan OJT.

Penhumas Akmil.

TARUNA AKMIL TINGKAT II SIAP MELAKSANAKAN OJT

Magelang,akmil.ac.id
Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. memimpin acara Laporan Kesiapan Latihan Praktik Jabatan/OJT (On The Job Training) Taruna Akmil Tingkat II/Sertar TP 2021/2022, bertempat di Lapangan Mako Mentar Akademi Militer. Jum’at (27/05/2022).

Gubernur Akademi Militer dalam amanatnya menyampaikan, ”Latihan OJT yang akan berlangsung mulai tanggal 30 Mei sampai dengan 5 Juni 2022 nanti adalah merupakan aplikasi materi kepemimpinan, Nikgarlat, dan CMI dengan penerapan langsung di beberapa satuan jajaran TNI Angkatan Darat, khususnya satuan jajaran Kodam V/Brawijaya, Divif 2 Kostrad dan Skadron 11/Serbu Puspenerbad”.

Dengan melaksanakan OJT diharapkan Taruna mempunyai gambaran nyata di  lapangan tentang peran, tugas dan tanggung jawab jabatan seorang Komandan Regu atau setingkat dengan berbagai macam persoalan yang dihadapinya, sehingga diharapkan melalui kegiatan OJT dapat memberikan bekal dan pengalaman kepada para Taruna Akmil Tingkat II/Sertar.

Gubernur Akademi Militer berpesan kepada Taruna Akmil Tingkat II/Sertar yakni, ”Mengingat waktu pelaksanaan yang relatif singkat dihadapkan dengan target latihan yang harus Taruna capai, maka  Taruna harus mampu menggunakan kesempatan yang baik ini untuk mengaplikasikan semua materi yang  telah Taruna dapatkan di Akademi Militer ini”.

Dalam pelaksanaan latihan OJT, Taruna akan berada di lingkungan prajurit dan keluarganya, maka Taruna harus mampu menunjukkan kualitas sebagai seorang Taruna sekaligus calon perwira yang berperilaku “Budhi Bakti Wira Utama”, baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan.

Pada saat pelaksanaan latihan OJT Gubernur Akademi Militer memberikan atensinya kepada para Taruna : Awali setiap kegiatan dengan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan dengan menaati dan memedomani segala instruksi serta perintah para pelatih, serap pengetahuan dan pengalaman selama latihan sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas di satuan.

Taruna harus selalu patuhi dan amalkan kode kehormatan dan Peraturan Khusus Taruna (Perkhustar) dan jaga nama baik almamater Akademi Militer tercinta. Kepada seluruh Taruna peserta OJT, “Selamat Melaksanakan Latihan”, berbuatlah yang terbaik demi keberhasilan tugas dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara tercinta ini.

Penhumas Akmil.

AKADEMI MILITER BERSAMA TARUNA, SISWA SEMAPA PK TNI, SISWA SMA TN SERTA SISWA PERTAMINA PERINGATIKENAIKAN ISA ALMASIH

Magelang,akmil.ac.id
Taruna Akademi Militer, organik (Dosen dan Pengasuh) Akademi Militer beserta keluarga serta Siswa Semapa PK TNI, Siswa SMA TN dan Siswa Pertamina yang beragama Katholik melaksanakan ibadah Misa Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus Kristus di Gereja Katolik Santo Mikael Panca Arga, yang dipimpin oleh Rm. Gregorius Suprayitno, Pr. dan Rm. Paulus Tri Ardhianto, Pr., Kamis (26/05/2022).

Sedangkan Taruna Akademi Militer, organik (Dosen dan Pengasuh) Akademi Militer beserta keluarga serta Siswa Semapa PK TNI, Siswa SMA TN dan Siswa Pertamina beragama Kristen melaksanakan Ibadah Kenaikan Isa Almasih di Gereja POUK Panca Arga, Pembawa Firman dipimpin oleh Pendeta Toto Widodo, S.PAK.

Rm. Gregorius Suprayitno, Pr Dalam acara tersebut berpesan mengenai, ”Sebuah renungan penting bagi kita adalah ada pesan dan makna yang sangatlah mendalam atas peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus ke Surga. Tentang kenaikan Tuhan merupakan sebuah misteri Ilahi yang mana peristiwa itu secara nyata disaksikan oleh para murid-Nya yang mana Dia naik dan terangkat ke Surga”.

Disisi lain Pendeta Toto Widodo, S.PAK. di Gereja POUK Panca Arga menguraikan tentang, ”Kenaikan Isa Almasih merupakan salah satu hari raya umat kristiani untuk memperingati kenaikan Yesus Kristus ke surga. Dalam tradisi Kristen, perayaan Kenaikan Isa Almasih ini selalu berpindah karena selalu jatuh pada hari ke-40 setelah Hari Raya Paskah”.

Peringatan Misa Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus Kristus di Gereja Katolik Santo Mikael Panca Arga dan Ibadah Kenaikan Isa Almasih di Gereja POUK Panca Arga berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

Semoga Tuhan yang Maka Kuasa selalu memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada Nusa dan Bangsa tercinta.

Penhumas Akmil.