Select Page

Magelang,akmil.ac.id
Akademi Militer melaksanakan Acara Laporan Kesiapan dan Gelar Perlengkapan Latihan Widya Yudha Taruna/Taruni Akmil Tingkat I, II dan Tingkat III TP. 2020/2021. Tempat di  Lapangan Mentar. Selasa (15/06/2021).
Latihan ini diikuti oleh 1.083  orang Taruna/Taruni, yang terdiri dari 425 orang Taruna tingkat I, 363 orang Taruna tingkat II dan 295 orang Taruna/Taruni tingkat III, yang dilaksanakan selama satu minggu, terhitung mulai tanggal 16 sampai dengan 21 Juni 2021 di daerah Latihan Kabupaten Gunung Kidul dan sekitarnya.
Dalam amanat tertulisnya Gubernur Akmil Mayjen TNI Candra Wijaya menguraikan, ”Latihan Widya Yudha ini merupakan bagian dari program latihan berjenjang  pendidikan Taruna/Taruni Akademi Militer, bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan Taruna Akademi Militer Tingkat I, II dan III melalui aplikasi materi teknik dan taktik pertempuran satuan setingkat regu,  peleton, atau yang setingkat, sesuai dengan kecabangannya masing-masing dalam hubungan Kompi dan Batalyon yang merupakan rangkuman dari keseluruhan materi latihan selama kurun waktu sebelumnya.
Disamping itu, Latihan Widya Yudha ini juga merupakan aplikasi dari materi taktik dan kepemimpinan lapangan yang selama ini telah diberikan kepada para Taruna/ Taruni, baik berupa teori maupun praktek lapangan dengan materi Gerak Maju Kompi sebagai Pelopor, Pertahanan dan Serangan”.
Danmentar Akmil Brigjen TNI Windiyatno menambahkan, ”Latihan ini menuntut kemampuan kalian, baik secara fisik, mental, maupun olah keprajuritan secara optimal, karena Latihan Widya Yudha ini merupakan latihan puncak bagi Taruna tingkat III Akademi Militer”.
“Perlu disadari, walaupun latihan Widya Yudha kali ini bersifat “satu pihak dikendalikan”, namun komunikasi dan  koordinasi secara terpadu sesuai dengan fungsi dan tanggung  jawabnya masing-masing, merupakan kewajiban bagi para pelatih dan pendukung latihan untuk selalu melakukannya secara konsisten dan hirarki”, sambung beliau.
Penhumas Akmil