Akademi Militer – Wakil Gubernur Akedemi Militer Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, S.E., mewakili Gubernur Akademi Militer menerima pelaporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Akademi Militer di gedung Leo Kailola pada Selasa  1 Oktober 2019.  Sebanyak 122 Prajurit Akademi Militer baik Perwira, Bintara maupun Tamtama dan 3 Pegawai Negeri Sipil mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya, terhitung mulai tanggal1 Oktober 2019. Adapun rincian Prajurit yang naik pangkat sebagai berikut  : 10 orang dari pangkat Mayor naik ke Letkol (4 diantaranya mendapatkan kenaikan pangkat penghargaan), 12 orang dari pangkat Kapten naik ke Mayor (4 diantaranya mendapatkan kenaikan pangkat penghargaan), 1 orang dari pangkat Letda naik ke Lettu dan,  1 orang dari Pangkat Peltu naik ke Letda (mendapatkan kenaikan pangkat penghargaan). Sedangkan kenaikan pangkat bagi Bintara dan Tamtama sebanyak 98 orang terdiri dari  54 Bintara dan 44 orang Tamtama.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Akmil yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, S.E., pada acara Korps Raport kenaikan pangkat di Gedung Leo Kailola Akmil, menyampaikan, pada kesempatan yang berbahagia ini, selaku Gubernur Akademi Militer dan pribadi beserta seluruh Civitas Akademika Akademi Militer, mengucapkan “selamat” kepada para perwira sekalian, atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. Ucapan yang sama tidak lupa juga disampaikan kepada para istri para perwira yang pada hari ini turut hadir untuk mendampingi suami yang naik pangkat. Gubernur  yakin dan percaya, bahwa apa yang telah dicapai oleh para perwira sekalian pada hari ini, tidak terlepas dari doa dan dukungan moril yang kuat dari istri beserta keluarga.

Lebih lanjut Gubernur Akmil menyampaikan, bahwa kenaikan pangkat bagi Prajurit TNI Angkatan Darat khususnya Akademi Militer, pada hakikatnya merupakan suatu bentuk penghargaan dan kehormatan atas prestasi dan dedikasi yang telah ditunjukkan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatannya kepada bangsa dan negara. Sehubungan hal tersebut, kenaikan pangkat tersebut hendaknya diterima dengan penuh rasa syukur dan senantiasa memohon ridho Allah SWT,  Tuhan Yang  Maha Kuasa, agar senantiasa diberikan kekuatan dan kemampuan untuk dapat mempertanggungjawabkan amanah dan kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dikaitkan dengan dinamika tantangan tugas yang semakin kompleks dan dinamis, maka kenaikan pangkat harus dapat dijadikan sumber motivasi dan inspirasi untuk memantapkan kualitas kejuangan, etos kerja dan meningkatkan profesionalisme keprajuritan serta menjadi sarana introspeksi, untuk selalu berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara pada umumnya, serta bagi Akademi Militer pada khususnya.

 

Sebelum mengakhiri amanat , Gubernur Akmil menekankan kepada para perwira yang naik pangkat agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan profesional serta mempertanggung- jawabkan  kenaikan pangkat ini dengan benar tanpa melanggar aturan-aturan kedisiplinan dan norma-norma keprajuritan. Karena ketika negara memberikan fasilitas kesejahteraan yang lebih baik dan kenaikan pangkat, maka sudah sepantasnya kita memberikan kemampuan dan kinerja semaksimal mungkin atas fasilitas kesejahteraan dan kenaikan pangkat yang telah diberikan oleh negara demi kemajuan organisasi TNI Angkatan Darat, terutama bagi lembaga Akademi Militer yang kita cintai.  saya berharap agar para perwira sekalian dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan organisasi sebagai bentuk timbal balik atas kenaikan pangkat, jabatan dan tugas mulia yang diberikan oleh negara.

   

AUTENTIKASI

PENHUMAS AKMIL