Akmil, Akademi Militer menggelar seminar dengan tema “Dampak Media Sosial Dari Perspekstif Pendidikan dan Sosial Budaya”, yang di Prakarsai oleh Sdirbinlitbang (Staf Direktur dan Pengembangan Akademi Militer), Kolonel Inf Terry Tresna Purnama S.I.Kom sebagai Direktur Pembinaan Lembaga Akmil, acara ini di gelar Gedung Sumartal  Hadir pada kegiatan ini Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd (Rektor UNY), sebagai narasumber pertama, Dr. Mega Hidayati, M.A. (Dosen Program S3 Ilmu Politik UMY), sebagai narasumber kedua, Ibu Helen Dian Fridayani, S.I.P., M.I.P., selaku Moderator, para pejabat Distribusi Akademi Militer, Dosen pendamping Mahasiswa/ Mahasiswi (berjumlah 30 orang Untid, UMM, UGM) serta Taruna/Taruni (Akmil 50 orang, Aau 5, Akpol 5 orang). Senin (24/06/2019).

Gubenur Akademi Militer, Mayjen TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirbinlitbang Akmil Kolonel Inf Terry Tresna Purnama S.I.Kom mengatakan, Seminar ini merupakan salah satu wujud kerja sama antara Akademi Militer dengan beberapa Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta di Wilayah Jateng dan DIY sebagai implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan yang lain Gubernur menyampaikan, sesuai dengan tema seminar kita pada hari ini yaitu “Dampak Media Sosial dari Perspektif Pendidikan dan Sosial Budaya” . Media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Keberadaan media sosial tentunya akan membawa berbagai bentuk dampak, baik sisi positif untuk kemajuan bangsa maupun pemberdayaan manusia dalam bidang pemerintahan, perdagangan, hiburan, maupun dunia pendidikan. Akan tetapi dunia Media Sosial  juga memiliki dampak negatif, seperti perubahan pola dan karakter masyarakat menjadi apatis (orang cenderung lebih mementingkan yang berada jauh di luar negeri lewat komunikasi “Whatsapp, twitter, instagram” dari pada kawan dekat maupun orang tuanya sendiri), budaya instan, mengarah kekerasan dalam menyelesaikan masalah,  individual,   rendahnya   moralitas serta turunnya nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme  yang   apabila   dibiarkan  akan sangat berbahaya terhadap keamanan nasional maupun keutuhan dan kedaulatan NKRI. Atas dasar tersebut, maka Akademi Militer melalui Sdirbinlitbang Akademi Militer bekerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi yang sama-sama mempunyai kepentingan     terhadap    dunia   pendidikan.

Melalui kegiatan seminar ini, diharapkan akan diperoleh suatu pokok-pokok pemikiran yang dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam merumuskan konsep strategis dan komprehensif bangsa Indonesia guna mempersiapkan langkah langkah strategis mengantisipasi dampak negatif media sosial dari perspektif pendidikan dan sosial budaya.

Harapan Gubernur Akmil di akhir sambutannya,  semoga apa yang dikerjakan hari ini dapat memberi manfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara tercinta di masa sekarang dan yang akan datang.

AUTENTIKASI

PENHUMAS AKMIL