Akademi Militer – Upacara Hari Kesaktian Pancasila digelar di Lapangan Pancasila Akademi Militer pada hari ini Selasa pukul 07.00 WIB, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Wakil Gubernur Akademi Militer, Brigadir Jenderal TNI Wirana Prasetya Budi, S.E., dan bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) Kepala Perhubungan (Kahub) Akmil Letnan Kolonel Chb William Pratomo, S.E., M.I.Pol., sebagai peserta upacara seluruh organik Akmil, baik Militer maupun PNS. Peringatan Kesaktian Pancasila ini berakar dari peristiwa tanggal 30 September 1965 yang disebut Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30SPKI) yang berupaya merongrong dan mengganti ideologi Pancasila dengan paham Komunis. Dalam peristiwa tersebut 7 (tujuh) putera terbaik bangsa gugur sebagai kusuma bangsa Pahlawan Revolusi. Dalam peristiwa tersebut rongrongan paham komunis terhadap ideologi Pancasila dapat digagalkan dan pada peristiwa tersebut Pancasila teruji kesaktiannya.

Pancasila memiliki makna yang penting untuk sejarah perjalanan Bangsa Indonesia karena hal inilah Pancasila dijadikan sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui simbol Pancasila sebagai dasar negara ini, segala tindak tanduk dari orang-orang yang termaktub sebagai warga negara Indonesia haruslah berlandasakan prinsip dan nilai-nilai yang terkandung pada semangat Pancasila.

Pada Hari Kesaktian Pancasila menjadi saat yang tepat untuk merefleksikan tentang memaknai nilai-nilai dan kesaktian Pancasila. Hal ini menjadi hal yang pokok dan penting bagi generasi muda bangsa ini, sehingga memiliki kebanggaan dan rasa percaya diri yang tinggi terhadap sejarah pembentuk kehidupan negara berbangsa dan bernegara. Maka dalam upacara tersebut dibacakan ikrar oleh Mayor Cpl Agus Setiawan dari satuan Sdirbinlitbang Akmil yang berbunyi : “Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya, bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 di Akademi Militer berlangsung dengan penuh hikmat, tertib dan lancar.

 

AUTENTIKASI

PENHUMAS AKMIL