Select Page

Akademi Militer (8/1/20), Gubernur  Akademi Militer Mayjen TNI Dudung Abdurachman menjadi Irup pada Upacara Laporan Kesiapan Latihan On The Job Training (OJT) bagi  Taruna/Taruni Tingkat IV (Sermatutar) sejumlah 255  di lapangan Resimen Taruna Akademi Militer. Hadir pada upacara tersebut  Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, para Pejabat Distribusi Akademi Militer, para Perwira dan Pengasuh Taruna/Taruni Tingkat IV (Sermatutar), serta para Peserta Latihan On The Job Training (OJT)  TA. 2020.
Pada upacara tersebut dalam amanatnya, Gubernur Akademi Militer menyampaikan dalam amanatnya  bahwa latihan OJT yang akan berlangsung mulai tanggal 11 sampai dengan 31 Januari 2020 adalah merupakan aplikasi dari materi Kepemimpinan, Nikgarlat, Dinas Staf,    Studi Kasus dan CMI dengan penerapan langsung di  beberapa   satuan  jajaran TNI  Angkatan  Darat  (khususnya  Kodam  Jaya, Divif 1/ Kostrad, Ditziad, Dithubad dan Puspenerbad). Dengan adanya kegiatan OJT diharapkan para Taruna/Taruni mempunyai gambaran nyata di lapangan tentang peran, tugas dan tanggung jawab jabatan seorang Komandan setingkat Peleton dengan berbagai macam persoalan yang dihadapinya.
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Akademi Militer juga Mengingatkan waktu pelaksanaan yang relatif singkat dihadapkan dengan target latihan yang harus dicapai, maka diharapkan mampu memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk mengaplikasikan semua materi yang  telah  didapatkan  di Akademi Militer.
Selama pelaksanaan latihan OJT, Taruna/ Taruni akan berada di lingkungan prajurit dan keluarga, maka Taruna/Taruni harus mampu menunjukkan karakter dan kualitas sebagai Taruna “Senior”, yang berperilaku baik, dalam kedinasan maupun di  luar kedinasan, tegas Beliau. Di sisi lain Gubernur Akademi Militer memberikan beberapa atensi dan penekanan kepada Taruna/Taruni Tingkat IV (Sermatutar) :
Pertama : Awali setiap kegiatan dengan selalu berdoa Allah SWT, kepada Tuhan          Yang Maha Esa sebagai landasan moral, spiritual dalam menghadapi setiap materi      latihan.
Kedua : Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan dengan mentaati dan      mempedomani segala instruksi serta perintah para pelatih.
Ketiga : Serap pengetahuan dan pengalaman selama latihan sebagai bekal dalam             pelaksanaan tugas sebagai perwira. Tanyakan hal-hal yang belum jelas kepada             Perwira Pendamping atau Pengasuh sebelum pelaksanaan tugas kalian.
Keempat       : Patuhi dan amalkan kode kehormatan dan peraturan kehidupan             Taruna/Perduptar serta ingat, bahwa Taruna/Taruni senantiasa menjadi pusat    perhatian  dari  Satuan  dan   warga, di tempat kalian ditugaskan. Untuk itu jaga nama      baik almamater dan citra sebagai seorang Taruna/Taruni.
Selanjutnya Gubernur Akademi Militer mempercayakan secara penuh keberhasilan latihan OJT  ini kepada Danmentar Akmil beserta jajarannya, khususnya Danyon Taruna Wreda, agar mengadakan pengawasan secara intensif pada setiap tahap pelaksanaan latihan.