Select Page

Akademi Militer – Akademi Militer  menggelar Upacara mengenang 71 tahun Pertempuran Plataran bertempat di halaman monumen Plataran, Selomartani, Kalasan, Sleman Yogyakarta yang dipimpin langsung oleh Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Kegiatan tersebut dihadiri oleh  para sesepuh dan Pengurus serta anggota Ikatan Keluarga Akademi Militer (IKAM) Yogyakarta, diantaranya Prof. Dr. Ir. Indroyono Soesilo, M.Sc. (Dewan Pengawas Ikam), Bapak Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprojo, Bapak Harjo Mulyo. Selain itu dihadiri juga oleh Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Sejarawan Belanda, para Pejabat Sipil maupun Sipil wilayah Yogyakarta, para pejabat Distribusi Akmil, serta para Taruna/Taruni Akmil.  Senin (24/02/20).
 
Pada Upacara tersebut Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyampaikan ucapan  “Terima Kasih” dan “Penghargaan” kepada segenap masyarakat Plataran yang merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari perjalanan sejarah Militaire Academie (MA) Yogyakarta yang merupakan cikal bakal Akademi Militer Magelang. Gubernur Akmil juga menyatakan bahwa sudah Genap 71 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 24 Februari 1949, telah terjadi peristiwa heroik, yaitu Belanda menyerang Dusun Plataran. Pasukan TNI didukung oleh rakyat mendapat tekanan yang luar biasa dari dua arah, yaitu depan dan belakang.
Pertempuran tersebut mengakibatkan delapan pejuang Indonesia gugur, lima diantaranya, merupakan Cadet (Taruna), dua Perwira Instruktur termasuk Letda Utoyo dan anggota Tentara Pelajar.
Gubernur Akmil selanjutnya mengajak kepada generasi muda saat ini, untuk mengambil hikmah positif dari peristiwa heroik tersebut dengan kegiatan positif guna mengisi dan mempertahankan kemerdekaan RI, karena para  tokoh pendiri NKRI selalu berpesan, bahwa “Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Menghargai Jasa Pahlawannya”.
AUTENTIKASI
PENHUMAS AKMIL