Select Page

 

AKMIL TARUNA TK IV/SERMATUTAR MENERIMA PEMBEKALAN DARI

DANPUSPENERBAD, IRJENAD DAN KADISPENAD

 
Akademi Militer – Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayor Jenderal TNI Stephanus Tri Mulyono, memberikan pembekalan kepada 224 Taruna dan Taruni Akmil Tingkat IV/ Sermatutar Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI AD Tahun 2018, dengan tema “Peran dan Tugas Pokok Penerbad”, bertempat di Gedung Sumartal Lembah Tidar Akademi Militer Magelang Kamis, 5 Juli 2018. Kedatangan Danpuspenerbad yang merupakan Alumni Akmil 1986 disambut langsung oleh Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Eka Wiharsa dan Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, S.E., turut hadir pula pada acara tersebut para Pejabat Distribusi Akmil dan para Pengasuh Taruna Akmil. Kamis (05/07).
Pada acara ceramah pembekalan kepada para Taruna/Taruni Capaja TNI AD tersebut, Danpuspenerbad menyampaikan beberapa materi sebagai pedoman dan acuan dalam pelaksanaan tugas para Capaja TNI AD, diantaranya : Perkembangan Organisasi Penerbad, Operasi yang dilaksanakan oleh Penerbad, Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi Penerbad, Organisasi Puspenerbad, Gelar Kekuatan Penerbad dan Alutsista Penerbat.
Pada hari dan tempat yang sama setelah Danpuspenerbad, giliran Irjenad Mayor Jenderal TNI Johny L. Tobing yang meruapakn lulusan Akabri tahun 1983 ini juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ceramah pembekalan kepada para Taruna/Taruni Capaja TNI AD tersebut dengan mengambil tema “Peran dan Tugas Pokok Itjenad”. Orang nomor satu di jajaran Itjenad tersebut menjelaskan, bahwa Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) merupakan staf pelaksana yang berkedudukan langsung di bawah Kasad, bertugas melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap organisasi di jajaran TNI AD.    Berdasarkan perkasad nomor 5 tahun 2015  tugas pokok Itjenad adalah “melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan umum serta pengawasan dan pemeriksaan perbendaharaan terhadap organisasi di jajaran Angkatan Darat, dalam rangka mendukung tugas pokok angkatan darat”.
Setelah Irjenad selesai memberikan ceramah pembekalan, pada jam ketiga giliran Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh yang merupakan Alumni Akmil 1988 ini juga memberikan pembekalan kepada para Taruna/Taruni Capaja TNI AD dengan mengambil tema “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Karakter Prajurit TNI AD”. Lebih lanjut Kadispenad mengemukakan, bahwa Era modenisasi yang berkembang semakin pesat dimasa sekarang ini serta adanya perkembangan global telah berdampak adanya bentuk   ancaman  yang baru, sehingga para prajurit TNI AD sebagai penjaga kedaulatan negara ini diharapkan  tidak hanya sekedar membaca fakta lapangan,  akan tetapi  harus  dapat memahami medan perang yang kompleks. Jenis peperangan sekarang ini  mengisyaratkan   kemampuan untuk berpikir dan memahami isu-isu politik, ekonomi dan budaya pada beberapa tingkatan tertentu. Karena itu,  dibutuhkan  banyak  kecerdikan untuk  berpikir  sekaligus  bertindak, baik dalam   diplomasi   maupun berperang,  karena  beberapa  situasi perang,  tidak  selamanya  prajurit dihadapkan   dengan   penggunaan senjata semata, namun juga situasi politik, ekonomi dan budaya, seperti membangun    sarana    prasarana, berhadapan dengan penduduk lokal, bencana alam dan sebagainya.