Select Page

Magelang,akmil.ac.id
Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Sejumlah 176 Taruna Tingkat III/ Sermadatar (Sersan Mayor Dua Taruna) melaksanakan latihan Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL) yang di dampingi oleh pengasuh Taruna Madya Mayor Cpm Barus, di Lapangan Sapta Marga Akmil. Jum’at (09/07/2021).
Salah satu Penatarama Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL) Sermadatar Raden Andika Yudha Perkasa No. Ak 2018.219 selesai melaksanakan latihan mengatakan, ”Latihan Drumband GSCL merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Korps Taruna/Taruni Akademi Militer, yang diwariskan dari senior pendahulu kepada Taruna junior, yang juga merupakan ciri khas dan kebanggaan Taruna/Taruni Akademi Militer”.
“Berangkat dari pemikiran itulah, maka GSCL harus tetap dapat dijaga, dipelihara, dikembangkan dan ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi yaitu ditujukan kepada generasi penerus atau Taruna junior secara turun temurun dengan tradisi yang harus dilewati”, lanjut Sermadatar Andika.
Diharapkan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan kepada pemegang alat GSCL hendaknya tidak disia-siakan. Tetap dilanjutkan dan dikembangkan semua kreatifitas yang telah dirintis dari para senior dengan sebaik-baiknya.
“Sedangkan kata Canka Lokananta berasal dari bahasa Sansekerta yang mengandung arti “Suara Merdu Dari Surga”. Disamping itu latihan GSCL ini merupakan sarana untuk menempa kemampuan dan kualitas diri sekaligus menumbuh kembangkan sifat-sifat kedisiplinan dan soliditas yang tinggi”, sambung Sermadatar Andika.
Dalam kegiatan ini Sermadatar Andika mengakhiri dengan kalimat, ”Dalam kehidupan GSCL senantiasa diciptakan suasana pembinaan dan kepemimpinan secara sehat, dinamis dan konstruktif yang dilandasi oleh rasa saling asah, saling asih dan saling asuh. Itu tidak lain untuk menumbuh kembangkan soliditas agar GSCL tetap eksis dan lebih maju dari tahun sebelumnya”.
Hadir dalam kegiatan ini Danmenkorpstar (Komandan Resimen Korps Taruna) Sermadatar Rafi Naufal Arfiansyah No.Ak. 2018.001 dan Wadanmenkorpstar Sermadatar Daniel Enryko Gultom No.Ak 2018.022 serta Kalemustar (Kepala Lembaga Permusyawaratan Taruna) Sermadatar Haswin Akbar Muhammad No.Ak. 2018.016. serta para pelatih Batalyon Madya.
Penhumas Akmil