Select Page

Magelang,akmil.ac.id
Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. membuka kegiatan Pendidikan Bela Negara bagi Siswa Peserta Program Kewiraan Calon Pekerja Pertamina Program Bimbingan Profesi Sarjana (BPS) PT. Pertamina (Persero) Tahun 2022 bertempat di Lapangan Depjas (Departemen Jasmani) Akademi Militer. Senin (23/05/2022).

Gubernur Akademi Militer dalam amanatnya mengucapkan “Terima Kasih” kepada Pimpinan PT. Pertamina (Persero) Pusat atas kepercayaannya kepada Akademi Militer untuk memberikan pembekalan Bela Negara kepada Calon Pekerja Pertamina Program Bimbingan Profesi Sarjana (BPS).

Kemudian Gubernur Akademi Militer mengingatkan, bahwa pelatihan Bela Negara bukan berarti militerisasi, tetapi lebih kepada menanamkan karakter kebangsaan yang kuat, pembentukan jiwa korsa dan kepemimpinan lapangan yang matang, sehingga akan terbentuk perilaku disiplin, semangat patriotisme, militansi dan cinta tanah air, dan nantinya akan sangat mendukung peserta saat mengabdi di PT. Pertamina (Persero).

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menumbuhkan semangat jiwa kedisiplinan, kesamaptaan yang prima, semangat kerja pantang menyerah, pembentukan karakter serta bela Negara guna mendukung peningkatan kinerja perusahaan menuju pelayanan prima sebagai wujud pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara. Mewujudkan peningkatkan kompetensi SDM Pertamina yang berkualitas sangat selaras dengan kebutuhan pengembangan bisnis dalam rangka mendukung sasaran strategis perusahaan.

Sebanyak 161 peserta Pelatihan Bela Negara mengikuti kegiatan selama satu minggu. Mulai hari ini Senin tanggal 23 Mei 2022 sampai dengan tanggal 1 Juni 2022 dengan materi, antara lain : Orientasi, PBB dan PPM, Wawasan Kabangsaan, Pembentukan Karakter, Teori Kepemimpinan, Pengetahuan Radikalisme, teori dan praktek Survival serta materi pendukung lainnya.

Dalam kesempatan tersebut beliau berpesan kepada Peserta Pelatihan Bela Negara untuk mengawali setiap kegiatan dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Taati segala aturan, petunjuk dan arahan dari para Pelatih, serta tanyakan hal-hal yang belum dimengerti dan laporkan apabila terdapat kesulitan selama mengikuti pelatihan. Dan pelihara serta tingkatkan semangat berlatih, kerja sama dan jiwa korsa serta utamakan faktor kesehatan dan keamanan, sehingga program pelatihan ini dapat mencapai hasil yang optimal.

Beliau juga berpesan kepada penyelenggara latihan, untuk melaksanakan kegiatan ini secara terpadu, terarah dan terukur, sehingga benar-benar dapat mencapai sasaran dan tujuan latihan yang telah direncanakan.

“Selamat Belajar dan Berlatih”. Para Siswa Peserta Program Kewiraan Calon Pekerja Pertamina Program Bimbingan Profesi Sarjana (BPS) PT. Pertamina (Persero) Tahun 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur SDM PT. Pertamina (Persero) Bapak M. Erry Sugiharto, beserta rombongan Pejabat PT. Pertamina (Persero), para Pejabat Distribusi Akademi Militer.

Penhumas Akmil.