Select Page

Akmil, Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Dudung Abdurachman hari Sabtu 14 Juni 2019 menerima laporan kesiapan Latihan Widya Yudha Taruna/Taruni Akmil di Lapangan Pancasila Akademi Militer. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Pejabat Distribusi Akmil, para Perwira, Pengasuh, Pelatih dan Pendukung latihan. Latihan kali ini, diikuti oleh 778 orang Taruna/Taruni, yang terdiri dari 294 orang Taruna/Taruni tingkat I, 233 orang Taruna/Taruni tingkat II  dan 251 orang Taruna/Taruni tingkat III, yang dilaksanakan selama satu minggu, mulai tanggal 15  s.d 20 Juni 2019 di daerah Wonosobo Jawa Tengah. Senin(17/06/2019)
 
Latihan Widya Yudha merupakan bagian dari program latihan berjenjang yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada Taruna/Taruni  Akmil dalam mengaplikasikan kemampuan teknik dan taktik bertempur tingkat Regu dan Peleton dalam hubungan Kompi dan Batalyon. Latihan ini  merupakan rangkuman dari keseluruhan materi latihan yang telah diberikan selama kurun waktu sebelumnya. Latihan ini juga bertujuan untuk menguji kemampuan pengetahuan Taruna/Taruni Akmil dalam mengaplikasikan materi pelajaran taktik serta kepemimpinan lapangan pada strata satuan tingkat Regu sampai Peleton dalam hubungan Kompi dan Batalyon dihadapkan pada situasi taktis di lapangan.
Selain itu, latihan ini juga menuntut kemampuan Taruna/Taruni dalam memahami dan menerapkan Hukum Humaniter dan HAM sebagai bekal berharga dalam pelaksanaan tugas kelak sebagai Danton atau setingkat. Untuk itu, para Taruna/Taruni diminta untuk selalu memelihara dan mengembangkan realisme latihan, agar para Taruna/Taruni dapat merasakan situasi dan kondisi latihan ini sama dengan situasi dan kondisi di medan operasi yang sesungguhnya. Dengan demikian, latihan ini menuntut kemampuan para Taruna/Taruni , baik secara fisik, mental, maupun olah keprajuritan secara optimal, karena Latihan Widya Yudha ini merupakan latihan puncak bagi Taruna tingkat III Akademi Militer.
Dalam amanatnya Gubenur Akademi Militer  Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengingatkan bahwa meskipun, latihan Widya Yudha kali ini bersifat “satu pihak dikendalikan”, namun komunikasi  dan  koordinasi secara terpadu sesuai dengan fungsi dan tanggung  jawabnya masing-masing, merupakan kewajiban bagi para pelatih dan pendukung latihan untuk selalu melakukannya secara konsisten dan hirarki.
Demi keberhasilan Latihan Widya Yudha kali ini, Gubernur Akmil menyampaikan beberapa hal  kepada para Taruna/Taruni untuk dipedomani dan dilaksanakan :
Pertama, awali setiap kegiatan dengan selalu berdoa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan spiritual, agar mendapat perlindungan-Nya dalam melaksanakan setiap materi latihan.
Kedua, agar para Taruna/Taruni Akmil melaksanakan latihan ini dengan penuh kesungguhan dan semangat  yang   tinggi,  sehingga  dapat mengatasi segala hambatan di medan latihan dan pada saatnya akan menjadi bekal pengalaman yang berharga bagi kalian dalam pelaksanaan tugas kelak sebagai seorang Komandan Peleton atau yang setingkat.
Ketiga, para peserta Latihan Widya Yudha supaya menjaga dan memperhatikan faktor keamanan selama melaksanakan latihan, mengingat medan latihan yang akan dihadapi cukup bervariatif.
2
 
Keempat, jaga nama baik Akademi Militer di tengah-tengah masyarakat, dengan selalu menampilkan sikap, perilaku dan tutur kata sebagai seorang Taruna/Taruni yang dapat dibanggakan.
Kelima, pelihara kondisi fisik dan kesehatan dengan sebaik-baiknya, agar kalian dapat mengikuti latihan ini secara utuh dan optimal.
Keenam, tumbuh kembangkan rasa kebersamaan dan solidaritas diantara kalian, agar dapat terpelihara moril yang tinggi selama mengikuti latihan.
Masih dalam amanatnya, Gubernur Akmil menekankan kepada Danmentar Akmil dan para Pelatih, agar memelihara dan  mengembangkan  realisme   latihan, dengan selalu mengutamakan koordinasi dan pengawasan, serta faktor keamanan dalam setiap tahap kegiatan, sehingga latihan ini benar-benar dapat meningkatkan kualitas para Taruna/Taruni dibidang olah keprajuritan. Pedomani evaluasi latihan tahun sebelumnya untuk menyempurnakan pelaksanaan latihan Widya Yudha tahun ini.
 
 
AUTENTIKASI
PENHUMAS AKMIL