Akmil, Magelang – Kabupaten Jember kembali dipercaya menjadi salah satu daerah sasaran Kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-39. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh sejumlah institusi pendidikan besar di Indonesia, yakni Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Kepolisian (Akpol), dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Dalam upacara penyambutan Latsitarda Nusantara ke-39 di Kabupaten Jember selaku Irup Bupati Jember dr.Hj Faida M.MR, dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Jember Bp Ardi Pujo Prabowo, Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar S.E., Kepala Bakorwil Jember Bp Cahyo, Danyon 509 Letkol Inf Wira Mukaromah, Danyon 501 Mayor inf Toni Oki T, Dansecaba Letkol inf Yusuf Dedi Sandra dan para tamu undangan lainnya. Selasa (02/04/2019)

Dalam sambutannya Bupati Jember dr.Hj Faida M.MR menyampaikan ucapan “Selamat Datang” para peserta (Latsitarda) Nusantara ke-39 yang saat ini sudah berada di Kab. Jember. Semoga pelaksanaan kegiatan latsitarda  memberikan manfaat bagi peserta dan masyarakat Kab. Jember. Pemerintah Kab. Jember menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada TNI sebagai leading sector kegiatan ini, juga unsur terkait seperti,Kepolisian Republik Indonesia, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) serta Universitas yang ada di Kab.Jember.

Dalam kesempatan yang lain  dr.Hj Faida M.MR menyampaikan bahwa kegiatan (Latsitarda) Nusantara ke-39 tahun ini yang di laksanakan di Kab. Jember hendaknya dapat dijadikan wahana untuk memupuk dan memantapkan kemanunggalan TNI/Polri, Praja IPDN dan mahasiswa dengan masyarakat, serta menumbuh kembangkan jiwa kejuangan dan cinta tanah air. Khususnya bagi Taruna Akademi Militer, baik AD, AU, AL, Akpol serta IPDN dan mahasiswa yang ada di Jember.

Selain itu dr.Hj Faida M.MR berharap kegiatan (Latsitarda) Nusantara ke-39 ini dapat memberikan gambaran dan kesan positif tentang apa dan bagaimana sikap Taruna TNI dan Praja IPDN yang sebenarnya, dan mampu menyerap sebanyak mungkin persoalan yang berkembang di msyarakat, sehingga ketika nanti pada saat melaksanakan tugas dapat memahami betul karakter masyarakat.

Selain Jember, tiga kabupaten lain di Jawa Timur yang juga menggelar kegiatan tersebut yakni Trenggalek, Pamekasan, dan Bojonegoro.”Ada beberapa poin pertimbangan kenapa Latsitarda dilaksanakan di Jember, di antaranya adalah faktor jarak, dukungan pemerintah daerah, dukungan masyarakat, kesiapan, dan akomodasi. Hasil penilaian tim pengendali Latsarda Nusantara, Jember layak sebagai daerah sasaran,” ungkap Bupati Jember dr. Faida saat diundang ke Surabaya bersama tiga kepala daerah lain untuk menghadiri audiensi Danjen Akademi Militer TNI bersama Gubernur Jawa Timur di Gedung Grahadi, Surabaya, beberapa waktu lalu.

dr.Faida menerangkan, tujuan diselenggarakannya Latsarda ini salah satunya adalah percepatan pembangunan melalui penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda di daerah sasaran, berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara.

“Ada beberapa kegiatan teknis yang nantinya akan dilakukan seperti karya bakti, kajian sosial, bakti sosial kesehatan, penyuluhan, penanaman nilai juang, dan pengenalan Akademi TNI, Akpol, dan IPDN,” tambahnya.

 

AUTENTIKASI

PENHUMAS AKMIL