Select Page

Magelang,akmil.ac.id
Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman S.E., M.M. meresmikan dan melakukan penandatanganan prasasti Museum Taruna Abdul Djalil, renovasi lintasan Atletik Sintetis Saptamarga, Renovasi Paviliun Taruna, renovasi Flat Taruna dan peresmian Gereja Santo Mikael Panca Arga bertempat terpusat di Museum Taruna Abdul Djalil Akademi Militer Magelang, Jum’at (11/11/2022).

Bapak Kasad dalam sambutannya sebelum peresmian menyampaikan, ”pada saat saya menjabat Wakil Gubernur Akademi Militer, lapangan Sapta Marga lintasannya sudah menggelembung dan berbahaya apabila Taruna lari di lintasan tersebut. Begitu juga di kolam renang Piere Tendean Akmil selama 6 (enam) tahun belum pernah diperbaiki, akhirnya beliau datang ke Mabesad untuk mengajukan pembangunan kolam renang Akademi Militer kemudian diperbaiki. Museum Taruna kondisinya masih seperti itu, kemudian dibangun menjadi lebih modern, termasuk Flat Taruna juga diperbaiki”.

Untuk tempat ibadah dilaksanakan juga renofasi Gereja Santo Mikael Panca Arga, serta pembanguna Gereja Katholik Ignatius Slamet Riyadi, Gereja Protestan Imanuel dan Pura Kawiswara di dalam Kesatrian Akademi Militer untuk ibadah para Taruna Akademi Militer”, tegas beliau.

Pesan Kasad, ”para Alumni Akademi Militer yang hadir, bahwa kita ini berangkat awal di didik dari Akademi Militer sehingga kita jangan lupa dari mana kita berasal, peribahasa kacang lupa kulitnya, kita harus selalu ingat dari mana kita berasal.”

Alhamdulillah sekarang Museum Taruna Abdul Djalil sudah dimodernisasi, karena di Museum ini hampir tiap saat anak-anak sekolah/masyarakat banyak yang datang berkunjung, apalagi sekarang kondisinya sudah bagus dan modern, tentunya akan lebih banyak lagi menarik minat anak sekolah dan masyarakat yang ingin berkunjung ke Museum.

Keberadaan museum sebagai pusat pengetahuan dan sejarah yang bernuasa modern dapat meningkatkan wahana pariwisata milenial di Magelang, sehingga dapat menunjang operasional Pendidikan Akademi Militer sebagai “Center Of Excelent”.

Selanjutnya, Bapak Kasad secara resmi meresmikan museum ini dengan memanjatkan doa, “atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa hari ini Jumat, 11 November 2022 Modernisasi Museum Taruna Abdul Djalil Akademi Militer secara resmi dibuka dan terbuka untuk umum.

Penhumas Akmil.