Select Page

Magelang,akmil.ac.id
Gubernur Akmil Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. di damping Komandan Latihan Latsitardanus XLII (Kolonel Inf Franz Yohanes Purba, S.Ip) kejajaran Satlat Macan Dalam Rangka Meninjau Kesiapan Kolat Dan Sasaran Sasaran Fisik Satlat 1/ Macan dusun Tanaksong Desa Jenggala Kab Lombok Utara. Senin(16/05/2022)

Hadir bapak Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu SH beserta jajarannya dalam kegiatan tersebut dalam rangka Latsitarda Nusantara XLII tahun 2022 yang merupakan salah satu kegiatan akademik Taruna Akademi TNI (Akmil, AAL dan AAU) dan Taruna Akpol tingkat akhir

Dalam kunjungan tersebut Gubernur Akmil menyampaikan, “Kegiatan Latsitarda Nusantara ini adalah tugas akhir yang wajib harus dipenuhi oleh para Taruna mengingat latihan ini sebagai salah satu aspek penting dalam penentuan kelulusan Taruna, sebelum para Taruna dilantik menjadi seorang perwira TNI-Polri melalui upacara Prasetya Perwira atau Praspa TNI-Polri oleh Presiden Republik Indonesia pada bulan Juli 2022 mendatang”.

Lebih lanjut beliau menekanka, “Pelaksanaan Latsitarda Nusantara tahun 2022 ini adalah  yang ke 42, yang akan dilaksanakan di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan Latsitarda Nusantara adalah dalam rangka memberikan kesempatan kepada para Taruna dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang meraka dapat selama di pendidikan untuk selanjutnya didarma baktikan di luar Akademi masing-masing.Latsitarda Nuantara selain sebagai wadah pengembangan ilmu pengetahuan, juga sebagai upaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan kehidupan di masa pasca pandemi Covid seperti saat ini.Sebab kegiatan Latsitarda Nusantara ini adalah sebagai salah satu bentuk dari implementasi Tridharma perguruan tinggi, yaitu berupakegiatan “Pengabdian kapada Masyarakat” dari Taruna Akademi TNI-Akpol. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat oleh Taruna Akademi TNI dan Akpol melalui Latsitarda Nutantara ke-42 ini adalah tuntutan dari ketentuan standar nasional pendidikan tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi, termasuk Akademi TNI dan Akpol”.

Pada pelaksanaan Latsitarda Nusantaratahun ini tema yang diangkat adalah “Latsitarda Nusantara XLII/2022 Menuju NTB Gemilang”. Latsitarda Nusantaraakan berlangsung dari tanggal 14 Mei s.d. 11 Juni 2022 di wilayah pulau Lombok,  yang diiukti oleh 1197 orang, terdiri dari 229 pendukung (Pengasuh & Pelatih, Dosen pembimbing, dan Pendukung dari Akademi TNI) dan Taruna Akmil 287, AAL 106, AAU 108, Akpol 246, 100 Praja IPDN serta 100 Mahasiswa dari wilayah NTB. Sedangkan daerah sasaran pelaksanaan Latsitarda meliputi Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Barat.

Penhumas Akmil.