Select Page

Magelang,akmil.ac.id
Organik Akademi Militer mengikuti kegiatan kesamaptaan periodik I TA 2021. Test Garjas (Kesegaran Jasmani) periodik setiap 6 bulan sekali guna menjaga kesegaran dan kegugaran Jasmani organik Akmil. Untuk hari ini yang lolos dari peperiksaan (Tensi, LLA(Luar Limit atas), LA (limit atas) 33 orang dan langsung melaksanakan TkJ( Tes Kesegaran Jasmani) di Stadion Sapta Marga Akmil. Senin,(24 Mei 2021).
Kolonel Inf Sunarto Kadepjas (Kepala Depatemen Jasmani) Akmil mengawasi lansung kegiatan tersebut. Test kesegaran jasmani untuk organik Akmil dilaksanakan mulai tanggal 21 Mei sampai dengan 7 Juni 2021.
Kadepjas Akmil selaku Koordinator kegiatan ini mengatakan bahwa, “pelaksanaan Test kesegaran jasmani/Samapta yang dilaksanakan oleh Prajurit TNI Akademi Militer ini meliputi tes kesegaran jasmani A, yaitu lari selama 12 menit dan tes kesegaran jasmani B, yaitu pull up, sit up, lunges, push up, serta shuttle run”.
“Kegiatan kesamaptaan periodik ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan seluruh Prajurit TNI jajaran Akademi Militer, guna menunjang tugas pokok Akademi Militer,” jelasnya.
“Harapapannya melalui tes kesamaptaan periodik ini kita dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani Prajurit setiap 6 bulan sekali. Juga sebagai tolok ukur pembinaan satuan apakah meningkat atau sebaliknya malah menurun”. Lanjutnya.
“Sebelum dimulai kegiatan, terlebih dahulu diperiksa kesehatan, tensi dan dilanjutkan dengan pengukuran denyut nadi serta perenggangan, tentu harapan kita kemampuan seluruh Prajurit Akmil meningkat atau setidaknya bertahan, karena itu menggambarkan keberhasilan pembinaan satuan,” terangnya.
Kadepjas Akmil juga menekankan, “kepada seluruh Prajurit Akademi Militer dalam pelaksanaan Garjas, dengan sungguh-sungguh dan secara maksimal, agar hasil nilainya dapat tercapai sesuai yang diharapkan, tapi jangan melupakan faktor keamanan,” ujarnya.
“Jangan memaksakan fisik apabila tidak mampu dan jangan sampai ada yang celaka. Sesuai petunjuk pimpinan dalam pelaksanaan tes kesegaran jasmani zero insident, zero sakit dan tetap utamakan faktor keamanan serta keselamatan,” tandasnya.
Penhumas Akmil.