Select Page

Akmil (28/5) Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan fisik untuk mendukung kelancaran tugas pokok di satuan jajaran Akademi Militer. Pada hari Rabu tanggal 27 Mei 2020, dilaksanakan rangkaian kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik II Tahun 2020 yang diikuti oleh 230 Personel Akademi Militer, terdiri dari 123 orang untuk syarat UKP 1-10-2020,  22 orang Calon peserta Dik Seskoad, 49 orang peserta Capassus dan 36 calon peserta Diklapa-II.  bertempat di lapangan Saptamarga dan sekitarnya. Rabu (28/05).
Adapun materi test Samapta yang dilaksanakan antara lain : Samapta A Lari dengan waktu tempuh selama 12 menit dan Samapta B berupa Pull Up, Sit Up, Push lunges, shuttle run dan renang jarak 50 meter. Sebelum pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan kesehatan untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung yaitu Elektrokardiogram (EKG), cek tensi tekanan darah oleh Tim Kesehatan Akademi Militer dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan dan kesehatan bagi yang akan mengikuti kegiatan kesemaptaan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.
Pada kesempatan itu, Dirbinlem Akademi Militer Kolonel…Inf Ujang Darwis.  mengatakan, Kesegaran Jasmani ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit TNI AD. Khususnya Prajurit  Akademi Militer, secara periodik maupun untuk persyaratan UKP dan Calon Peserta Pendidikan. Oleh karena itu setiap saat manfaatkan waktu yang ada dan laksanakan pembinaan fisik tersebut sesuai program secara teratur dan kontinu.
Diharapkan, kepada Prajurit yang akan melaksanakan Kesegaran Jasmani, agar melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani kali ini dengan serius dan sunguh-sunguh serta semangat yang tinggi  untuk mencapai target hasil yang optimal dengan tetap menjaga kondisi dan kemampuan masing-masing. Selain itu Tes Kesegaran Jasmani ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang Prajurit secara berkala.
Kolonel Inf. Agus, S.I.P., M.Si (Kadepjas Akmil), pada kesempatan itu menekankan kepada seluruh peserta Tes Kesegaran jasmani, agar senantiasa mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan. ” Yang tahu dengan kemampuan dan kondisi fisik adalah para peserta tes sekalian “. Ujarnya.
 AUTENTIKASI
PENHUMAS AKMIL