Select Page

Magelang,akmil.ac.id
Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. menghadiri Apel Pembentukan Satgas Taruna Akademi TNI-Akpol dan Apel Pemberangkatan dalam rangka Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLII tahun 2022 bertempat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Senin (09/05/2022).

Bertindak selaku pimpinan apel Wadanjen Akademi TNI Mayjen TNI Kukuh Surya, S.S., M.Tr. (Han) diikuti kurang lebih 1.577 personel, terdiri dari Taruna Tingkat IV Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara dan Akademi Kepolisian serta Praja IPDN, juga para pengasuh.

Latsitardanus ke XLII diberangkatkan melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Provinsi NTB Nusa Tenggara Barat dengan menggunakan dua KRI, yakni KRI Banda Aceh 593 dan KRI Banjarmasin 592 dalam mendukung kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLII tahun 2022 di Nusa Tenggara Barat.

Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. dalam pesan singkatnya menyampaikan bahwa Latsitarda Nusantara merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh Taruna Tingkat IV atau tingkat akhir Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian (Akpol), sebelum mereka dilantik menjadi seorang Perwira TNI dan Polri oleh Presiden Republik Indonesia.

“Kegiatan latihan ini merupakan aplikasi dari materi pengetahuan teritorial dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan arti pentingnya nilai-nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat serta sebagai wahana pembelajaran dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan Akademik para Taruna/Taruni guna membantu percepatan pembangunan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun materi kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah karya bhakti, penyuluhan, kajian sosial, kegiatan akademis dengan melaksanakan penelitian kondisi sosial budaya masyarakat setempat dan pengenalan/promosi Taruna Akademi TNI, Akpol dan IPDN”, tegas beliau.

“Latsitardanus XLII/2022 ini memiliki arti penting bagi Taruna/Taruni guna menyesuaikan dengan kondisi alam maupun memahami situasi wilayah dan kearifan lokal serta hubungan sosial masyarakat di tempat latihan”, imbuh beliau.

Seluruh Taruna/Taruni Tingkat IV Akademi Militer sejumlah 287 orang Taruna/Taruni Tingkat IV/Sermatutar, terdiridari 269 Taruna dan 18 Taruni akan mengikuti Latsitardanus XLII/2022 di daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Latsitarda Nusantara kali ini akan dilaksanakan selama empat Minggu mulai tanggal 14 Mei 2022 sampai dengan 11 Juni 2022.

Penhumas Akmil.