Select Page

Balikpapan, 5 Juni 2024 – Gubernur Akademi Militer, Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., menghadiri upacara penutupan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) ke-44 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur. Sebanyak 1.840 taruna dari Akademi TNI, Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Kepolisian turut serta dalam penutupan yang dipimpin oleh Komandan Jenderal Akademi TNI, Letnan Jenderal TNI Rudianto, S.M., CSFA, bersama Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri, Komjen Pol. Dr. Drs. Purwadi Arianto, M.Si.

Letnan Jenderal TNI Rudianto menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pejabat TNI, Polri, Pemerintah Kota/Kabupaten, dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur atas dukungan mereka. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Latsitarda atas kedisiplinan dan kepatuhan mereka, yang memastikan tidak ada pelanggaran selama latihan berlangsung.

Latsitarda XLIV/2024 yang berlangsung selama satu bulan di 2 kota dan 3 kabupaten di Kalimantan Timur berhasil menyelesaikan sasaran fisik dan non-fisik. Kegiatan ini diharapkan membawa dampak positif bagi daerah sasaran serta memotivasi pemuda setempat untuk mengabdi kepada bangsa melalui pendidikan kedinasan seperti Akmil, AAL, AAU, Akpol, IPDN, Unhan, dan Poltek SSN.

“Dukungan dan kerjasama semua pihak sangat berperan penting dalam kelancaran, ketertiban, dan keamanan jalannya latihan,” ujar Letnan Jenderal TNI Rudianto. Beliau berharap sinergitas yang terbentuk selama latihan dapat terus terjalin dan menjadi bekal berharga saat bertugas nantinya.

Di akhir amanatnya, Letnan Jenderal TNI Rudianto memberikan pesan kepada para peserta Latsitarda untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjaga keamanan selama perjalanan kembali ke kampus masing-masing, memastikan perlengkapan dalam kondisi baik, dan saling mengingatkan untuk tetap berhati-hati.

“Semoga sinergi yang terjalin selama latihan ini menjadi bekal berharga bagi kalian dalam mengabdi kepada bangsa dan negara,” tegasnya.