Select Page

Akademi Militer – Kamis(2/4/2020) Prodi Teknik Mesin Pertahanan dan Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Departemen Mipatek Akademi Militer Akmil adakan seminar bertempat di kelas D Mipatek Akademi Militer Magelang, dengan mengangkat tema “Peran Teknologi Mekatronika Pada Era Revolusi Industri 4.0. Dalam mendukung Ketahanan Nasional” tahun 2020. Dalam seminar tersebut, menghadirkan empat pemateri, pemateri pertama, Bapak Gesang Nugroho, S.T., M.T., Ph.D., (DEPT Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Industri UGM), pemateri kedua Bapak Himawan Tri Bayu Murti Petrus, ST., M.E., D.Eng., (DEPT Teknik Kimia Fakultas Teknik UGM), sebagai Narasumber ketiga  Kolonel Inf Partaji Vikson G. Siagian, S.H., M.Sc., (Kepala Departemen Mipatek Akmil), serta dimoderatori oleh Ibu Nila Feby Puspitasari, S.Kom., M.Cs., dengan peserta seminar para Taruna/Taruni Akademi Militer. Kamis (2/4/2020).
Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya yang di bacakan oleh Kolonel Inf Partaji Vikson G. Siagian, S.H., M.Sc., (Kepala Departemen Mipatek Akmil) menyampaikan” Taruna/Taruni sebagai seorang Calon. Perwira memiliki tiga aspek utama, yaitu akademik, fisik dan kepribadian. Tidak hanya itu, para Taruna/Taruni juga dituntut oleh bangsa dan negara sebagai pribadi yang tidak hanya mahir di bidang militer saja, namun juga harus menguasai teknologi dan informasi yang nantinya akan dapat mendukung berbagai fungsi Alutsista modern milik TNI. Atas dasar tersebut, maka Akademi Militer melalui Prodi Teknik Mesin Pertahanan dan Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Departemen Mipatek Akademi Militer bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta yang sama-sama mempunyai kepentingan terhadap dunia pendidikan, memprakarsai acara Seminar Nasional tentang “Peran Teknologi Mekatronika Pada Era Revolusi Industri 4.0. Dalam Mendukung Ketahanan Nasional”.
Gubernur Akmil berharap diperoleh suatu pokok-pokok pemikiran yang dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam merumuskan konsep strategis dan komprehensif bangsa Indonesia dalam mengikuti perkembangan Teknologi Mekatronika di era Revolusi Industri saat ini.
Sementara itu Bapak Gesang Nugroho, S.T., M.T., Ph.D., mengungkapkan “Hari ini, kita berdiri di tepi revolusi teknologi yang secara fundamental akan mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berhubungan satu sama lain. Dalam skala, cakupan, dan kerumitannya, transformasi tidak akan terjadi seperti apa pun yang dialami manusia sebelumnya. Kita belum tahu bagaimana hal itu akan terungkap, tetapi satu hal yang jelas adalah respons terhadap perubahan yang eksponensial tersebut harus terintegrasi dan komprehensif, melibatkan semua pemangku kepentingan dari pemerintahan global, sektor public, militer, swasta, akademisi, dan masyarakat sipil.”.
Sementara Bapak Himawan Tri Bayu Murti Petrus, ST., M.E., D.Eng. menjelaskan salah satu nya “Setiap objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke computer ”.
 
AUTENTIKASI
PENHUMAS AKMIL