Select Page

Akademi Militer (23/11/2019).  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Perhubungan Angkatan Darat (HUBAD), Perhubungan Akmil menggelar acara syukuran. Kegiatan ini bertemakan “Hubad yang Profesional Wujudkan TNI AD Kebanggaan Rakyat Indonesia”. Kegiatan ini diawali dangan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giri Dharmo Loyo Magelang, Jumat 22 November 2019 pukul 07.00 WIB, dilanjutkan hari Sabtu 23 November 2019 acara Syukuran di Markas Komando (Mako) Hub Akmil,menyantuni anak2 Yaitm sejumlah 30 dari kamkpung sekitar Akmil, yang dihadiri Oleh Kepala Perhubungan (Kahub) Akmil Letkol William Pratomo, S.E., M.I.Pol. Seluruh Personel Perhubungan Akmil Perwira, Bintara, Tamtama, Ibu2 Persit Hub Akmil, Pns, para pensiunan Akmil yang saat purna dinas di Perhubungan Akmil dan Para Warakawuri
Pada kesempatan itu Direktur Perhubungan Angkatan Darat (Dirhubad) Brigadir Jenderal TNI Widjang Pranjoto mengatakan, peringatan HUT ke-74 Hubad tahun 2019 ini diselenggarakan secara sederhana dan dilakukan serentak oleh Satuan Perhubungan di seluruh Kotama TNI AD. Selama 74 tahun Perhubungan Angkatan Darat telah bekerja memberikan sumbangsih dan Dharma Bakti yang dipersembahkan kepada TNI AD, Bangsa dan Negara. Keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai Perhubungan Angkatan Darat sampai dengan saat ini merupakan hasil kerja keras seluruh personel Perhubungan Angkatan Darat dan tidak terlepas dari dukungan dan perjuangan para pendahulu Corps Perhubungan Angkatan Darat.
Pada  waktu yang lain Dirhubad mengatakan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat saat ini, berpengaruh terhadap perkembangan tugas pokok Dithubad sebagai organisasi. Pada lingkup TNI AD perkembangan ilpengtek ditandai dengan adanya modernisasi Alutsista serta perubahan taktik bertempur yang mengharuskan korps Perhubungan berperan aktif di dalamnya. Kita semua bersyukur bahwa JARINGAN TERPADU TNI AD yang merupakan integrasi seluruh Jaringan dan Akses VPN TNI AD sudah terealisasi. Sehingga seluruh Jaringan dan Akses internet TNI AD dapat digunakan secara aman.
Di sisi lain juga sudah mengembangkan komunikasi radio berbasis teknologi Hybrid. Komunikasi Radio HT yang bisa difungsikan secara Analog, Digital maupun Mixmode (kombinasi keduanya). Selanjutnya dalam pembanguan NCW (Network Centric Warfare) TNI AD dalam hal ini Dithubad telah berkontribusi 11% dalam bentuk ICCS flatform ranpur maupun personel guna menjawab perintah Panglima TNI yang memfokuskan pada pembangunan NCW. Selain itu, Dithubad sedang mengembangkan komunikasi radio VHF Narrow Band menjadi komunikasi radio VHF Wide Band yang memiliki kemampuan kirim terima Big Data berupa voice maupun video sebesar ± 1 Mbps melalui radio VHF (30-88MHz) yang sampai dengan saat ini belum pernah ada diciptakan oleh negara manapun. Hasil karya ini merupakan inisiasi dan kerja sama litbang antara Dithubad dengan dengan PT. Hariff DTE di Bandung.
Pada Acara Sukuran Kabhub Akmil Letkol Chb William Pratama S.E. M.I. Pol. Mengutarakan kegiatan ini HUT Perhubungan Angkatan Darat dengan harapan Hubad yang Provesional mendukung TNI Angkatan Darat yang dicintai Rakyat, Segenap Warga Akmil Juga berharap kedepan semakin provisional dalam melaksanakan tugas kedepan.
Direktur Perhubungan Angkatan Darat saya mengucapkan, “DIRGAHAYU PERHUBUNGAN ANGKATAN DARAT“ Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada    kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada TNI Angkatan Darat, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

AUTENTIKASI

PENHUMAS AKMIL