Select Page

Magelang,akmil.ac.id
Menjelang Prasetya Pewira (Praspa) TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2021, sebanyak 227 (209 Taruna dan 18 Taruni) Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi Militer (Akmil) mendapat pembekalan dari Ibu Kehormatan Taruna (Hortar) Akademi TNI Ny. Nanny Hadi Tjahjanto Ketua Umum Dharma Pertiwi melalui virtual, bertempat di Gedung Moch. Lilly Rohli Akmil. Selasa (06/07/2021).
Dalam pembekalannya, Ibu Hortar Ny. Nanny Hadi Tjahjanto mengingatkan pesan Presiden RI pertama Ir. Soekarno yang pernah mengatakan, “barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun ke laut yang dalam”. Kalian yang ingin sukses besar atau kemenangan hebat harus berani mengambil resiko yang sangat besar seperti mau mengambil mutiara di dasar laut yang dalam tekanan air besar, jadi harus siap dengan segala resikonya, bila ingin berhasil mendapatkan mutiara.
Beliau juga mengingatkan bahwa, ”ada hal yang mendasar yang tidak boleh diabaikan dan harus kalian miliki sejak awal yaitu kejujuran, karena dengan kejujuran ini, kita akan lebih mantap dan tanpa ada beban yang harus dipertanggungjawabkan di kemudian hari. Apabila sejak awal kita sudah melaksanakan pekerjaan dengan jujur, kita akan mudah menjalaninya, kejujuran ini tidak saja hanya terbatas dalam hal pekerjaan namun juga dalam segala hal, niscaya kehidupan kalian akan menjadi mudah, tenang dan kelak akan membuahkan hasil sesuai dengan apa yang kalian cita-citakan serta seperti pepatah jawa “golek jeneng, ojo golek jenang” (carilah nama, jangan cari dodol) yang artinya carilah nama dan bukan cari harta”.
Kemudian Ibu Hortar juga mengupas pesan Wakil Presiden RI pertama Mohammad Hatta yaitu, “kurang cerdas bisa diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman, namun tidak jujur sulit diperbaiki”.
Di akhir arahan beliau mengajak, ”selalu mengucapkan syukur kepada Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah meridhoi kalian hingga tuntas menjalankan masa pendidikan. Kesuksesan menjadi perwira, adalah kesuksesan bagi orang tua dan keluarga kalian. Untuk itu, bagikanlah rasa syukur dan kebahagiaan tersebut kepada kedua orang tua”.
Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Candra Wijaya beserta Ibu Asuh Taruna Akmil, Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI I Gde Agit Thomas beserta Ibu, Danmentar Akmil Brigjen TNI Windiyatno beserta Ibu dan para pejabat Distribusi Akademi Militer serta para Pengasuh Taruna dan Taruni Tingkat IV.
Penhumas Akmil