Select Page


Magelang,akmil.ac.id
Prasetya Perwira (Praspa) TNI AD yang merupakan lulusan Taruna/Taruni Akmil Tingkat IV TP 2020/2021 digelar di Stadion Sapta Marga Akmil, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Presiden Republik Indonesia Bapak H. Joko Widodo secara virtual dari halaman depan Istana Merdeka Jakarta, yang ditayangkan langsung ke masing-masing Akademi Angkatan ; Angkatan Darat (Akmil), Angkatan Laut (AAL), Angkatan Udara (AAU) dan Kepolisian (AKPOL) disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden. Hadir dalam kegiatan tersebut Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo dan Mayor Jenderal TNI (Purn) Tono Suratman serta Gubernur Akmil Mayjen TNI Candra Wijaya, Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI I Gde Agit Thomas dan para Pejabat Distribusi Akademi Militer, para Gumil, Dosen dan Pengasuh serta 227 Capaja TNI AD mantan Taruna/Taruni Tingkat IV dan para orang tua (Perwira Remaja/Paja). Selasa (13/07/2021).
Pelantikan perwira TNI-Polri di Istana Merdeka dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sejumlah menteri, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut dan Kepala Staf Angkatan Udara. Karena masih dalam situasi pandemic Covid-19, hanya penerima Adhi Makayasa saja yang hadir langsung dalam pelantikan tersebut. Upacara digelar secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Acara dimulai dengan dikumandangkannya lagu “Indonesia Raya”. Setelah itu dibacakan Surat Keputusan Presiden terkait pengangkatan perwira TNI-Polri. Selanjutnya, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah perwakilan Perwira TNI-Polri. Pengambilan sumpah dilakukan sesuai dengan agama masing-masing.
“Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-sebaiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi dan diikuti oleh perwira TNI-Polri.
“Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa dan raga untuk membela nusa dan bangsa,” lanjut petikan sumpah perwira TNI-Polri.
Kepada mereka yang dilantik dalam upacara Prasetya Perwira, Jokowi berpesan, ”perjalanan baru saja di mulai, dalam hal ini perjalanan menjadi perwira yang setia dan mengabdi kepada negara dan rakyat”.
“Saya tahu untuk sampai pada tahap sekarang ini saudara-saudara telah melampaui prsoses seleksi yang kompetitif dan ketat juga telah melalui gemblengan yang sangat berat, bukan hanya bertujuan untuk membentuk ketahanan mental kekuatan fisik serta kedisiplinan yang tinggi tapi juga sebagai wujud persatuan dan integrasi antara Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian,” jelas Presiden Jokowi.
Berikut ini peraih Adhi Makayasa 2021 dari TNI-Polri :
1. Septian Haryono Pasaribu; Adhi Makayasa dari Akademi Militer
2. Always Giving Hamonangan Tiris; Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Laut
3. Abdul Muis; Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Udara
4. Hary Indradjati; Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian
Untuk diketahui, Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan kepolisian.
Penhumas Akmil