Select Page

 

TARUNA AKADEMI MILITER MELAKSANAKAN TRADISI  SERAH TERIMA POKDOKORPTAR DAN

GEDERANG SULING CANKA LOKANANTA (GSCL)

 
AKADEMI MILITER – Komandan Resimen Korps Taruna (Danmenkorptar) Resimen Taruna (Mentar) Akademi Militer Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) Rovi Adya Prawira No. Ak. 2014.007 memimpin pelaksanaan Upacara serah terima jabatan Penatarama Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL) dari Pejabat Lama kepada Pejabat Baru, yaitu Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar)  Gurning No Ak. 214.170, Sermatutar Rudi Haryono 2014.166, Sermatutar Marina 2014.224, Sermatutar Alberta Injilia No. Ak. 2014.227 kepada Pejabat Baru, yaitu Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar)  Dina A. 2015.028, Sermadatar Nur Alam No Ak. 2015.155, Sermadatar Yuti Pane No.Ak. 2015.183, Sermadatar Bima Maose No. Ak. 2015.201, Sermadatar Maulidia No. Ak. 2015.103. Upacara serah terima Penatarama Drumband kebanggaan Taruna/Taruni Akademi Militer tersebut dilaksanaka di Stadion Sapta Marga Akademi Militer pada hari Jumat 6 Juli 2018 Pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. Acara sertijab ini dihadiri Gubernur Akademi Militer Mayor Jenderal TNI Eka Wiharsa, Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, S.E., para Pejabat Distribusi Akademi Militer, Ketua dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Akademi Militer beserta pengurus dan pengurus Yayasan Kartika Jaya Cabang XII, Taruna/Taruni Tingkat II, III dan TK. IV. Pada kesempatan serah terima  Penatarama GSCL kali ini dimeriahkan oleh penampilan Tim Drumband/Marchingband SMK Kesdam IV/Diponegoro dan SMP Ahmad Yani Kartika XII-1 Magelang.
Rangkaian kegiatan Tradisi serah terima pejabat Penata Rama dan Genderang Suling Cangka Lokananta (GSCL) juga dilaksankan serah terima Kelompok Komando Korp Taruna (Pokdokorptar) mulai dari Danmenkorptar  pejabat lama Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) Rovi Adya Prawira No. Ak. 2014.007 kepada pejabat Danmenkorptar baru Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar)  Fajar Muhammad Al Faruk No. Ak. 2015.002 beserta staf dan jajarannya termasuk ketua Primer Koperasi Taruna.
Tradisi ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Korps Taruna/Taruni Akademi Militer, yang diwariskan dari Senior pendahulu kepada Taruna Junior merupakan ciri khas  dan  kebanggaan  Taruna/Taruni  Akademi Militer. Berangkat dari pemikiran itulah, maka Penatarama dan GSCL harus tetap dapat dijaga, dipelihara, dikembangkan dan ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi kepada generasi penerus atau Taruna Junior secara turun temurun dengan tradisi yang harus dilewati. Diharapkan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan kepada pejabat baru hendaknya tidak disia-siakan, tetap dilanjutkan dan dikembangkan semua kreatifitas yang telah dirintis dari para Senior dengan sebaik-baiknya.  Sedangkan kata Canka Lokananta berasal dari bahasa Sansekerta yang mengandung arti “Suara Merdu Dari Surga” disamping itu, Penatarama dan GSCL merupakan sarana untuk menempa kemampuan dan kualitas diri, sekaligus menumbuhkembangkan sifat-sifat kedisiplinan dan soliditas yang tinggi. Dalam kehidupan GSCL senantiasa diciptakan suasana pembinaan dan kepemimpinan secara sehat, dinamis dan konstruktif yang dilandasi oleh rasa saling asah, saling asih dan saling asuh. Untuk menumbuhkembangkan soliditas agar GSCL tetap eksis dan lebih maju dari tahun sebelumnya.