Select Page

Magelang,akmil.ac.id
Dalam rangka meningkatkan profesionalisme Taruna Tingkat III/Sermadatar Akademi Militer berjumlah 365 Taruna melaksanakan Latihan Mountaineering, yang dilaksanakan di Laboratorium Departemen Jasmani Militer, dengan para Pelatih Departemen Jasmani (Depjas) Akmil. Selasa (07/09/2021).
Koordinator Materi (Koormat) dalam kegiatan ini adalah Kapten Inf Teguh Mudianto. Disela-sela latihannya Kapten Teguh mengungkapkan bahwa, ”latihan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan menguji tingkat kemampuan Taruna Tingkat III dalam melintasi bentuk rintangan dan ketinggian dengan menggunakan alat bantu tali dengan teknik yang benar. Mountainering ini merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan perorangan yang wajib dimiliki oleh Taruna Akmil”.
“Latihan dalam bidang jasmani militer ini, banyak menggunakan kemampuan fisik dan dalam setiap kegiatannya mengandung resiko yang berupa naik turun tebing, bangunan dan lembah dengan menggunakan alat peralatan, agar dalam pelaksanaan tugas pokok dapat berhasil,” lanjutnya.
“Mountenering merupakan suatu cara dan teknik para Taruna untuk melewati medan-medan yang berbahaya dengan materi yang diajarkan, antara lain : rapling, snapling, Fastroping, Ascanding dan panjat bebas. Sebelum  para Taruna melaksanakan kegiatan, terlebih dahulu diajarkan cara menggunakan tali jiwa, yaitu dengan menggunakan ikatan komando dan memasang figur eight dan carabiner oleh para pelatih Depjas Akmil”, ujarnya.
Tidak lupa juga sebelum menaiki Tower untuk melaksanakan Rapling dan Snapling tiap-tiap Taruna dilakukan pengecekan kembali untuk tali jiwa perorangannya, dipastikan keamanan tiap-tiap Taruna.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara tercinta.
Penhumas Akmil.