Akademi Militer. (26/3/19) Jawa Timur kembali dipercaya untuk menjadi salah satu daerah sasaran Kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-39. dan Latihan On The Job Training (OJT) Taruna/Taruni Tingkat IV Akmil tahun 2019.  Latsitarda Nusantara yang akan dilaksanakan selama dua minggu mulai tanggal 1 sampai dengan 15 April 2019. Tiga kabupaten di Jawa Timur yang menjadi ajang Latsitarda Nusantara tersebut yakni Jember, Trenggalek, Pamekasan, dan Bojonegoro.

 

Sementara itu, pada waktu dan tempat yang sama, yaitu di Lapangan Pancasila Akmil juga diadakan laporan kesiapan OJT bagi Taruna/Taruni Akmil Tingkat IV Tahun 2019, di jajaran Kodam V/Brawijaya, Divisi Infanteri 2/Kostrad dan Pusdikpenerbad. Hadir pada acara kesiapan pemberangkatan (Latsitarda) Nusantara ke-39 dan Latihan On The Job Training (OJT), Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi dan para pejabat Distribusi Akmil, pengasuh, Gumil dan Dosen Akmil.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya pada saat laporan kesiapan Latitardanus XXXIX dan OJT Tahun 2019 mengatakan kepada Taruna/Taruni Tk. IV, bahwa Latsitarda Nusantara,  merupakan kegiatan latihan aplikasi dari materi pengetahuan teritorial    dalam    rangka meningkatkan kesadaran  dan   pemahaman   akan arti pentingnya nilai-nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat serta sebagai wahana pembelajaran dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan Akademik para Taruna/Taruni guna membantu percepatan pembangunan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun materi kegiatan yang akan dilaksanakan  diantaranya adalah karya bhakti, penyuluhan, kajian sosial, kegiatan akademis dengan melaksanakan penelitian kondisi sosial budaya masyarakat setempat dan  pengenalan/promosi Taruna Akademi TNI, Akpol dan IPDN.

Di bagian lain sambutannya, Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman menjelaskan tentang  Latihan On The Job Training (OJT) yang akan berlangsung mulai tanggal 18 sampai dengan  27 April 2019,   adalah salah satu bentuk kegiatan kurikuler  Taruna/Taruni    yang     nantinya akan  dapat mendukung pelaksanaan tugas di Satuan, dengan berperan sebagai seorang    Danton,    Pa  Staf    Batalyon,  dan Perwira TNI AD pada jabatan Golongan IX di Satuan-Satuan Jajaran Kodam V/Brawijaya, Divisi Infanteri 2/Kostrad dan Pusdikpenerbad,  sehingga   para   Taruna/Taruni  memperoleh pengalaman tugas yang sebenarnya sesuai dengan job discription, baik sebagai komandan, staf dan sekaligus mengenal kehidupan prajurit secara nyata di lapangan. Pada bagian akhir amanatnya, Gubernur  Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengucapkan “Selamat Melaksanakan Latihan”, kepada para Taruna/Taruni Tingkat IV Akmil.

AUTENTIKASI

PENHUMAS AKMIL