Select Page

 
Akademi Militer – Kamis (28/5/2020) Seluruh Taruna Tingkat IV/Sermatutar  Akademi Militer berjumlah 254 orang terdiri dari Taruna 234 orang dan Taruni 20 orang melaksanakan praktik aplikasi kepemimpinan yang dilaksanakan di ruang kelas A Akademi Militer dengan dipandu oleh para Dosen dan Guru Militer di jajaran Akademi Militer. Untuk diketahui, di institusi militer kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya suatu organisasi mencapai tujuan atau tugas pokoknya. Kepemimpinan atau leadership merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain (dalam hal pekerjaan) yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
 
            Kepala Departemen Kepemimpinan dan Kejuangan (Kadepimjuang) Akademi Militer Kolonel Inf Ade Adrian, S.AP selaku Komandan Latihan menyampaikan bahwa tujuan dari latihan adalah agar Taruna Tk.IV/Sermatutar TP 2019/2020 mampu mengaplikasikan teori kepemimpinan di lapangan guna mendukung pelaksanaan tugas di Satuan. Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan latihan ini adalah agar Taruna mampu mengaplikasikan Kepemimpinan di Home Base, mampu mengaplikasikan Kepemimpinan di Daerah Operasi dan mampu menuangkan gagasan secara lisan dan tulisan.
 
Materi latihan yang menjadi pembahasan pada kegiatan praktik aplikasi kali ini diantaranya adalah studi kasus 1 Penyelundupan Miras & BBM (Daerah Operasi), studi kasus 2 Bentrok TNI dengan Polri (Daerah Operasi), studi kasus 3 Kecelakaan Latihan (Home Base), studi kasus 4 Nikah siri, Hutang piutang dan KDRT (Home Base), studi kasus 5 Hilang Senjata (Daerah Operasi), studi kasus 6 Tidak Hadir Tanpa Izin (Daerah Operasi), studi kasus 7 Media sosial (Home Base), studi kasus 8 LGBT (Home Base), studi kasus 9 Asusila (Home Base), studi kasus 10 Debt Collector (Home Base), studi kasus 11 Netralitas TNI (Home Base) dan studi kasus 12 Demo anggota (Home Base).
Tahapan latihan diakhiri dengan Menyusun laporan hasil pelaksanaan Diskusi Aplikasi Kepemimpinan berdasarkan data/catatan dan temuan-temuan selama pelaksanaan Diskusi Aplikasi Kepemimpinan.
 
                                    
 
AUTENTIKASI
PENHUMAS AKMIL