Select Page

TARUNA TK IV AKMIL LAKUKAN TRADISI PESTA AIR

Lembah Tidar, (08/7/18), Akademi Militer menggelar acara tradisi korps Taruna berupa pesta air bagi calon Perwira Remaja (Capaja) Akmil di lapangan A Yani komplek pancaarga 1 Magelang, Minggu (13/7/2017) pukul 14.00 sampai dengan 17.00 WIB. Acara yang dipimpin Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Eka Wiharsa ini dihadiri Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, SE, Ketua dan Pengurus Persit KCK Cabang BS Akmil maupun lainnya. Pesta air juga disaksikan warga di sekitar Komplek Pancaarga.

Gubernur Akmil diantaranya mengatakan air mempunyai fungsi dan manfaat serta karakteristik yang baik untuk digunakan dan dicontoh bagi kelangsungan kehidupan umat manusia. Air disamping merupakan sumber kehidupan, juga merupakan sarana untuk  membersihkan diri dari berbagai kotoran dan noda yang ada.

“Selain itu, di dunia militer para ahli strategi mengungkapkan, bahwa strategi yang paling efektif dalam setiap pertempuran adalah strategi yang mencontoh sifat air, yakni cepat beradaptasi menyesuaikan diri dengan bentuk-bentuk medan yang  dihadapi,” terang Mayjen TNI Eka Wiharsa.

Begitu besarnya manfaat air bagi kehidupan umat manusia, sehingga Korps Taruna Akmil menjadikan Pesta Air sebagai Tradisi Korps Taruna, yang merupakan simbol yang penuh makna untuk membersihkan diri dari segala kekeliruan dan kekhilafan yang dilakukan oleh para Capaja selama mengikuti pendidikan dan latihan di Akademi Militer.

“Perlu disadari, bahwa saat ini bangsa dan negara membutuhkan Perwira-perwira TNI yang tidak hanya profesional, tetapi juga memiliki jiwa kejuangan, berkarakter dan mempunyai moral yang baik, serta bersih dan jernih bagaikan air,” terang Gubernur Akmil.

Gubernur Akmil juga berharap agar para Capaja bisa menjadi seorang perwira yang dapat melaksanakan tugas dengan baik, tidak menyimpang dari aturan hukum yang berlaku, serta senantiasa mengutamakan moral dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat dijadikan barometer dan tolok ukur serta dapat menjadi contoh dan panutan bagi anak buahnya di satuan serta masyarakat di lingkungan tempat bertugas.