Select Page

Magelang,akmil.ac.id
Pelaksanaan Ujian Tugas Akhir Taruna Akademi Militer Tingkat IV/Sermatutar (Sersan Mayor Satu Taruna) kegiatan penilaian produk tulisan proposal Tugas Akhir (TA). sejumlah 227 Taruna dengan Program Studi (Prodi) Administrasi Pertahanan, Manajemen Pertahanan, Teknik Sipil pertahanan, Teknik Ekektro Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan yang bertempat di kelas B komplek Akademi Militer, Senin (14/06/2021).
Pelaksanaan Tugas Akhir ini dengan ketua penyelenggara Kolonel Inf Pramungkas Agus. T.S.I.Pem, M.H Kadepsosbah (Kepala Departemen Sosial Bahasa). Rencana kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai hari Senin, tanggal 14 sampai dengan Kamis, 17 Juni 2021. Dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 Wib. Untuk hari ini sejumlah 70 taruna yang melaksanakan Ujian Tugas Akhir (TA).
Dalam ujian tersebut Kadepsosbah menguraikan bahwa, ”Taruna melaksanakan presentasi di depan dewan penguji yang terdiri atas tiga orang dan didampingi oleh satu dosen pembimbing. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh data penilaian tentang mekanisme Penyusunan Tugas Akhir (TA) Taruna Tingkat IV/Sermatutar melalui ketentuan dan aturan Tata Naskah (Takah), kualitas produk Tugas Akhir dan performance, penguasaan materi, kemampuan menyampaikan pendapat serta menerima saran melalui ujian Tugas Akhir. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah untuk menilai kumulatif kemampuan Taruna dalam menyusun Tugas Akhir melalui Tata Naskah, Kualitas Produk dan penguasaan materi”.
“Tugas Akhir ini merupakan syarat mutlak yang harus dilalui Taruna Akademi Militer Tingkat IV/Sermatutar untuk menjadi seorang perwira TNI AD berpangkat letnan dua sesuai korps/kecabangan masing-masing yang berkemampuan dasar jabatan golongan VIII setingkat Komandan Peleton dan memiliki kualifikasi akademis diploma IV (setara dengan Sarjana Strata-1) dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han)”, lanjut beliau.
Penhumas Akmil