Select Page


 
 
 
 
Magelang,akmil.ac.id
Pelaksanaan Ujian Perwira Taruna Akademi Militer Tingkat IV/Sermatutar (Sersan Mayor Satu Taruna) sejumlah 227 Taruna dengan materi Deptik (Departemen Taktik) bertempat di Lapangan Drillnis Gembung Akmil. Rabu (09/06/2021).
Sebagai Ketua penyelenggara Ujian Perwira Akademi Militer Kadeppengmilum Akmil Kolonel Inf Heri Susanto. Kegiatan ujian hari ini di mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 Wib dengan materi ujian praktek Deptik : OMSP (operasi Militer selain perang) dan OMP (Oprasi Militer Perang).
Kadeppengmilum Akmil mengatakan bahwa dalam penjabarannya TNI melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). OMP merupakan pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI untuk menghadapi ancaman berupa kekuatan militer asing dalam rangka mempertahankan kedaulatan negara.
“Operasi militer yang telah dilaksanakan diantaranya Operasi Pertahanan Udara Nasional, Siaga Tempur Laut, Siaga Tempur Blok Ambalat dan PPRC TNI,”ungkapnya.
Pelaksanaan OMSP, seperti halnya operasi perang, berpegang pada suatu prinsip untuk memudahkan, mempercepat, dan melindungi personel yang dikerahkan. Komandan operasi perlu memahami prinsip prinsip yang ditetapkan dan menerapkannya dalam operasi secara benar. Beberapa prinsip umum dalam pelaksanaan OMSP adalah: kejelasan sasaran, kesatuan tindak, keabsahan, keuletan, batasan, dan keselamatan (US Headquarters Department of the Army, 1996).
Kegiatan Ujian Perwira ini dilaksanakan selama satu minggu di mulai hari Kamis, 3 sampai dengan hari Rabu, 9 Juni 2021, yang dilaksanakan oleh pemangku materi dan penguji dari Depmilum (Departemen Militer Umum), Depmildas (Departemen Militer Dasar) dan Deppimjuang (Departemen Kepemimpinan dan Kejuangan) dengan ujian teori dilaksanakan di kelas dan ujian praktek dilaksanakan di lapangan di sekitar Kesatrian Akademi Militer Kompleks.
Penhumas Akmil.