Select Page

Semarang, 30 April 2024 – Marsekal Muda TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc., Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI (Wadanjen Akademi TNI), memimpin apel pembentukan Resimen Taruna Latihan dan pemberangkatan peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda atau Latsitarda Nusantara ke-44 Tahun 2024 di Dermaga Tanjung Emas Semarang.

Dalam sambutannya, Marsekal Muda TNI I Wayan Sulaba, selaku Wadanjen Akademi TNI, membacakan amanat tertulis Danjen Akademi TNI, menyampaikan bahwa, “Dalam menghadapi berbagai kondisi dan tantangan yang dihadapi bangsa saat ini, TNI sebagai alat utama pertahanan negara dan komponen bangsa lainnya harus terus beradaptasi, terlibat aktif, dan selalu hadir di tengah masyarakat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Melalui keterlibatan ini, TNI dan komponen bangsa lainnya dapat lebih mendekatkan diri dengan rakyat dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat, serta memperkuat solidaritas dan kohesi nasional.”

Marsekal Muda TNI I Wayan Sulaba juga menekankan pentingnya kegiatan Latsitarda Nusantara ke-44 Tahun 2024 sebagai upaya memperkuat integrasi antara Taruna tingkat IV Akademi Angkatan dan Akpol menjelang akhir pendidikan mereka, termasuk untuk Taruna SSN, Praja IPDN, dan Kadet UNHAN. Kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan jiwa integrasi dalam rangka membangun kerjasama dan pengabdian kepada masyarakat, guna menyongsong tugas di masa yang akan datang.

Tahun ini, Latsitarda Nusantara ke-44 tahun 2024, dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Timur selama kurang lebih 1 bulan, mulai tanggal 30 April hingga 9 Juni 2024. Acara ini diikuti oleh 1.732 peserta, terdiri dari 1.395 peserta latihan meliputi Taruna Akmil, Taruna AAL, Taruna AAU, Taruna Akpol, Praja IPDN, Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara, serta Kadet Unhan RI. Mereka didampingi oleh Antap dan Pengasuh sebanyak 272 orang yang tergabung dalam Resimen Taruna Latihan (Mentarlat), serta 65 orang supervisi pendukung dari Mako Akademi TNI.

Dengan terbentuknya Mentarlat ini, diharapkan setiap personel dapat memahami dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Marsekal Muda TNI I Wayan Sulaba juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengasuh, peserta, penyelenggara latihan, serta seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan Latsitarda Nusantara ke-44 Tahun 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam IV/Diponegoro, Para Gubernur Akademi Angkatan dan Gubernur Akademi Kepolisian, Wakil Rektor I Bid. Akademik dan Kemahasiswaan Unhan RI, Wakil Rektor Bid. Kemahasiswaan IPDN, Kabiro Organisasi dan SDM BSSN serta Dir. Poltek SSN, Dirdik Akademi TNI, Dirdik Akademi Angkatan dan Dirdik Akademi Kepolisian, Danmentar Akademi Angkatan dan Danmentarsis Akpol, Asops dan Aster Kasdam IV/ Diponegoro, Danlanal Semarang, Dandim 0733/BS Semarang, Kapolrestabes Semarang, GM Pelindo III Tanjung Emas Semarang, Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang.